Contoh Penutupan Pidato Islami (Ceramah dan Kultum) yang Singkat dan Mudah Diingat

Pidato islami biasanya berbeda dengan pidato pada umumnya, karena pesan yang disampaikan banyak menggunakan dalil-dalil Islam

contoh penutupan pidato islami (ceramah atau kultum)

Penutupan Pidato Islami atau biasa disebut Kalimat Penutup Kultum (ceramah) merupakan hal penting dalam rangkaian pidato islami atau ceramah yang dilakukan didepan khalayak ramai. Pidato atau ceramah yang berisi pesan-pesan islami harus ditutup dengan kalimat penutup yang sesuai dengan pesan-pesan islami yang disampaikan dalam pidato tersebut. 

Pidato islami biasanya berbeda dengan pidato pada umumnya, selain karena pesan yang disampaikan menggunakan dalil-dalil islam (banyak menggunakan bahasa arab), pembawaan pidato lebih mirip dengan ceramah dan kultum yang biasa dilakukan di masjid atau acara-acara hari besar islam. Karena itulah penutupan pidato islami juga menyesuaikan dengan isi dan konteks pembawaannya. 

Tidak jauh berbeda dengan Pembukaan Pidato Islami, penutupan pidato islami banyak menggunakan bahasa arab dan pujian-pujian kepada Allah dan Rasulullah. Model penutupan pidato seperti ini sering digunakan dalam acara peringatan hari islam maupun tempat tertentu seperti madrasah dan pondok pesantren. 

Dengan menggunakan model penutupan pidato islami yang tepat, ceramah atau kultum yang kamu lakukan di podim akan lebih elegan dan berkesan. Berikut ini beberapa contoh Penutupan pidato islami yang dapat kamu terapkan dan kamu kembangkan sendiri dengan improvisasi!

Contoh Penutupan Ceramah 

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang disampaikan tadi dapat memberi manfaat dan kebaikan bagi kita semua. Tentunya kesempurnaan hanya milik Allah semata karena itu saya memohon maaf atas ucapan dan tindakan yang tidak mengenakkan bagi para pendengar. 

والله الموفق إلى أقوامث طارق
(Wallahul muwafiq ila aqwamit thariq)
Semoga Allah menuntun kita menuju jalan yang paling lurus yakni Islam. 

Akhirul Kalam. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Penutupan Pidato Islami 

Akhir kata, sampailah pidato saya pada bagian penutup. Sebagaimana tidak ada gading yang tidak retak, apa yang saya sampaikan tadi juga pasti tidak luput dari kekurangan dan kesalahan, saya meminta maaf dan kepada Allah saya memohon ampun. 

Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua terkhusus saya pribadi. 

وصلى الله على محمد وعلى اله وصحبه  وسلم، واخر دعوانا ان الحمد الله رب العالمين 
(Wa Shallahu ala Muhammad wa ala alihi wa shohbihi wa sallim, wa akhiru da'wana anil hamdulillahi rabbil alamin)
Semoga Shalawat dan salam tercurah kepada nabi muhammad, beserta keluarga dan sahabatnya. dan sekian penutup dari dakwah (pidato) kami, segala puji bagi Allah tuhan semesta alam. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Contoh Penutupan Kultum 

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang baik itu datang dari Allah dan jika ada yang buruk itu datang dari diri saya pribadi. Mohon maaf atas kehilafan tutur kata dan perbuatan. Semoga Allah membimbing kita semua ke jalan yang benar. 

أقول قولي هذا وأستغفر الله لي ولكم , فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم
(aqulu qawli hadza wa astaghfirallahi li walakum, fastaghfiruh innah hu huwal ghafur rahim)

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Penutupan 4 

Akhir kata inilah materi pidato yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ibu, bapak dan teman-teman sekalian mendapat manfaat dari apa yang saya sampaikan, terkhusus kepada diri saya pribadi. 

وابالله التوفيق والهداية ، ورضى والعناية ,والعفو منكم
Wabillahi Tawfiq Wal Hidayah, Wa Ridho wal inayah, wal afwu minkum

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Penutupan 5

Maka sampailah pidato saya bagian penutup, harapannya kita semua bisa mengambil hikmah dari kisah yang saya sampaikan tadi. Jazakallah saya ucapkan atas perhatian dan saya memohon maaf jika ada kekurangan dan salah kata. 

انظر ما قال ولا تنظر من قال
Undzur ma qola, wa la tandzur man qola (lihatlah apa yang disampaikan, jangan lihat siapa yang menyampaikan)

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Penutupan 6

Terimakasih banyak atas perhatiannya, mohon maaf atas kekhilafan dari tingkah laku dan tutur kata, semoga Allah memberi kita kekuatan untuk selalu istiqomah berada di jalannya. Semoga bisa bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua. 

Akhirul kalam, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Kesimpulan 

Itulah beberapa contoh kalimat penutup pada bagian penutupan pidato islami atau ceramah (kultum) yang akan kalian ikuti atau lombakan. Penutupan pidato diatas sangat singkat dan dapat kalian kembangkan sendiri tergantung kondisi dan tempat kalian melakukan pidato tersebut. Semoga sukses!
Pemalas dan buruk dalam pertemanan

Post a Comment