Mana yang benar? Penyebutan Istilah Grafik atau Grafis dalam Dunia Anime

Sebenarnya perdebatan ini tidaklah terlalu penting, tapi agar kamu tidak malu saat berkomentar setidaknya ketahui dulu mengenai Grafik dan Grafis ini

grafis atau grafik dalam anime

Ada banyak sekali anime yang menjadi populer karena cerita yang disajikan memang menarik untuk diikuti, seperti halnya Attack on Titan, Namun ada juga anime yang populer dan ditonton oleh banyak orang bukan karena cerita yang penuh plot twist, atau karena banyak adegan yang membuat goosebumps, melainkan karena gambar yang dianimasikan tersebut sangat memuaskan mata. 

Sebutlah misalnya Tamako Market yang punya cerita santai karena bergenre Slice of Life, walaupun bercerita tentang keseharian karakter, anime ini tetap dinikmati karena gambar yang detail dan enak dilihat, gerakan yang lembut atau tidak kaku dan sudut pandang yang beragam di setiap adegan. 

Tentang kenikmatan menonton anime dari kualitas 'gambar bergerak' yang disajikan banyak sekali mengundang komentar positif dari para penontonnya. Namun ada satu hal yang sering diperdebatkan di kolom komentar. Apakah kualitas dari gambar bergerak ini disebut Grafis? ataukah Grafik?. Mana yang benar?

Sebenarnya perdebatan ini tidaklah terlalu penting, tapi agar kamu tidak malu saat berkomentar atau berbagi pendapat tentang kualitas suatu anime maka setidaknya ketahui dulu mengenai istilah Grafis dan Grafik ini. 

Apa itu Grafis? 

Anime pada dasarnya adalah gambar yang bergerak. Anime sendiri merupakan istilah khusus yang mengacu pada animasi yang dibuat di Jepang (walaupun ada anime yang dibuat diluar jepang). Karena itulah pembuatan anime banyak melibatkan pekerja seni 2 dimensi baik untuk desain karakter maupun pembuatan jalan cerita (mangaka). 

Karena anime berkaitan dengan gambar, maka penggunaan kata 'Grafis' adalah kata yang tepat karena istilah Grafis dalam bahasa indonesia sering dikaitkan dengan istilah 'Desain Grafis' yang juga mengarah pada desain 2 dimensi. 

Istilah Grafis sangat berkaitan erat dengan presentasi visual yang memuat informasi-informasi tertentu, salah satunya melalui media gambar atau seni. Maka semakin baik grafis pada suatu anime, maka anime tersebut pastilah sangat memanjakan mata penonton. Sebut saja anime yang memang terkenal karena grafis yang terbaik adalah Kimetsu no Yaiba dari genre action dan Kobayashi Dragon Maid dari genre Slice of life. 

Apa itu Grafik?

Jika Grafis adalah presentasi visual melalui media gambar atau seni, maka Grafik merupakan cara penyampaian secara visual melalui angka, simbol dan huruf. Istilah Grafik dan Grafis ini dalam penggunaan bahasa Indonesia memang memiliki perbedaan dari segi bahasan dan tujuan. 

Istilah Grafik sendiri sering digunakan untuk menunjukkan sebuah statistik yang bertujuan untuk menunjukkan sebuah data. Dalam dunia pasar saham, istilah grafik digunakan untuk melihat pergerakan dari harga suatu saham. 

Nah dari sana bisa dilihat kan istilah mana yang cocok jika kamu ingin mengomentari anime yang baru kamu tonotn dari segi tampilan visualnya? 

Istilah Grafis dan Grafik ini pada dasarnya berasal dari satu kata yang sama yaitu Graphic yang merupakan presentasi visual untuk memberi informasi. Nah dalam penggunaan bahasa Indonesia seringkali dibedakan antara Grafis dan Grafik, yang mana Grafis diidentikan dengan gambar atau desain sedangkan Grafik identik dengan angka, simbol dan data. 

Fasliah
Pemalas dan buruk dalam pertemanan

Post a Comment