Contoh Penutupan Pidato dan Cara Membuatnya

contoh penutupan pidato


Contoh penutupan pidato - Pidato dibuat untuk membuat orang yang mendengarkannya terkesan. Hal ini dikarenakan orang yang menyampaikan pidato ingin orang yang mendengarkan paham dan melakukan apa yang disampaikan, atau setidaknya -minimal- meninggalkan kesan yang baik untuk pendengar. 

Salah satu bagian pidato yang penting dan mempengaruhi kesan dan wibawa sang speaker adalah bagian penutupan. Penutupan pidato berperan penting dalam pidato agar pendengar terkesan dengan apa yang disampaikan. Terutama jika si speaker membuat kesalahan diawal atau ditengah pidato, maka bagian penutupan pidato berfungsi sebagai bagian dimana kesalahan tersebut diperbaiki. 

Bagian penutupan pidato juga berperan agar pesan yang ingin kamu sampaikan dapat tersampaikan dengan baik, karena saat itulah kamu bisa menekankan lagi pesan tersebut melalui kesimpulan. Karena itulah penting untuk membuat penutupan pidato yang baik dan benar. 

Fasliah.id akan membuat beberapa contoh penutupan pidato serta cara untuk membuatnya. Semoga tulisan ini bisa membantu!

Unsur-unsur Penutupan Pidato 

Dalam penutupan pidato ada beberapa unsur yang harus diperhatikan. Unsur-unsur ini harus setidaknya diterapkan dalam penutupan pidato agar tujuan dari pidato yang dibuat bisa tercapai. 

Sesuai dengan tujuan dibuatnya teks pidato, unsur-unsur dibawah ini harus diterapkan dalam penutupan pidato. Misalnya pidato untuk membuat permintaan maaf atau klarifikasi kepada khalayak ramai, maka setidaknya dalam penutupan harus ada pengulangan permohonan maaf yang disertai kesimpulan dari pidato klarifikasi yang dibuat. 

Beberapa unsur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kesimpulan

Bagian terakhir memang identik dengan bagian dimana hal-hal penting yang sudah disampaikan diulang kembali. Bagian penutupan pidato juga berfungsi sebagai sesi dimana kesimpulan dari keseluruhan isi pidato dapat disampaikan. 

Namun bukan berarti kamu harus menyampaikan kesimpulan diakhir pidato, terutama apabila kesimpulan yang ingin disampaikan disampaikan bertele-tele hingga menambah durasi pidato menjadi panjang. Kesimpulan harus disampaikan dengan singkat dan semenarik mungkin. 

Selain itu jangan pernah terang-terangan ingin menyampaikan kesimpulan, hal ini karena mayoritas pendengar tidak suka dengan perkataan yang diulang-ulang. Sebisa mungkin sampaikan kesimpulan dengan redaksi yang berbeda, jangan sampai mengulangi apa yang sudah kamu sampaikan sebelumnya karena bisa membuat pendengar bosan hingga kesal. 

2. Ungkapan syukur/ persembahan dan terimakasih

Ungkapan rasa syukur biasa diucapkan diawal atau bagian pembukaan pidato. Namun ungkapan terimakasih/ rasa syukur ataupun persembahan juga bisa dilakukan dibagian akhir atau penutupan. Ungkapan terimakasih dan syukur biasa disukai oleh orang yang dituju karena menegaskan pentingnya orang tersebut. 

Bagian penutupan pidato dapat diisi dengan ungkapan terimakasih kepada para pihak-pihak yang terlibat menyelenggarakan acara. Bisa juga ungkapan bahwa acara tersebut dipersembahkan untuk orang-orang tertentu yang dianggap berjasa. 

3. Permohonan Maaf

Permohonan maaf sudah biasa dilakukan dibagian akhir, terutama dalam pidato. Hal ini pada dasarnya disenangi oleh pendengar karena menunjukkan kerendahan hati si pembicara yang mengakui adanya kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. 

Selain itu dalam berpidato kita tidak dapat memastikan bahwa semua orang senang dengan apa yang kita sampaikan, karena itulah pentingnya bagian akhir pidato untuk diisi permintaan maaf. Dengan begitu secara tidak langsung pembicara sudah menutup celah adanya ketidaksukaan tersehadap pidato tersebut, kecuali atas kesalahan yang disengaja. 

4. Pengharapan

Tujuan berpidato setidaknya agar orang yang mendengarkan melakukan apa yang disampaikan oleh pembawa pidato. Pesan atau inti pidato setidaknya tersampaikan dengan baik dan minimal dijalankan oleh para pendengar. 

Di bagian penutupan pidato, himbauan dapat ditambahkan agar kesan persuasif dapat ditangkap oleh pendengar. Bahwa ada hal-hal penting dari pidato yang disampaikan tadi yang dirasa harus dilakukan. 

Biasanya dalam pidato, pembawa pidato setidaknya berharap pendengar dapat memahami dengan baik apa yang disampaikan. Jika dalam pidato pembukaan suatu acara, maka si pembicara biasanya akan menutup pidato dengan pengaharapan agar acara tersebut berjalan lancar hingga acara tersebut berakhir. 

5. Himbauan atau ajakan

Setiap teks pidato memiliki pesan dan isi yang ingin disampaikan kepada para audiens atau pendengar. Misalnya dalam pidato yang biasa dibawakan saat upacara hari senin, pembawa pidato setidaknya akan menutup pidato dengan beberapa himbauan, salah satunya agar siswa belajar dengan serius demi masa depan yang baik. 

Himbauan atau kalimat ajakan akan memberi kesan yang bagus jika dimasukkan dalam bagian penutupan pidato. Hal ini akan memberi kesan bahwa orang yang membawakan pidato benar-benar paham dengan apa yang ia sampaikan (tidak asal berbicara) sehingga ia tidak segan untuk menghimbau dan mengajak pendengar agar melakukan apa yang ia sampaikan. 

Cara Membuat Penutupan Pidato yang Berkesan

Pidato yang berkesan adalah pidato yang isinya benar-benar tersampaikan dengan baik kepada audiens atau pendengar yang dituju. Pada dasarnya pidato tidak harus dibuat dengan 'semegah' mungkin dengan pembawaan yang 'berapi-api' agar membuat pendengar terkesan, namun cukup dengan suara yang jelas, postur dan gimmick yang tegas dan beberapa intonasi yang diperlukan (sesuai suasana). 

Bahkan pidato yang dibawakan dengan suara yag 'menggelagar' bisa jadi tidak disukai apabila audiens sejak awal sudah memperhatikan dan suara yang terdengar cukup besar (ingat bahwa ada beberapa pendengar yang sensitif dengan suara yang terlalu keras). Suara yang besar (atau terkesan membentak) saat berpidato biasanya dibawakan saat khutbah jumat, hal ini dikarenakan suasana yang cocok yakni jam dimana banyak orang mengantuk sehingga perlu intonasi suara yang membuat pendengar kembali fokus. 

Pidato yang berkesan juga biasanya akan memasukkan ke-5 unsur tadi dalam penutupan pidato. Tergantung tujuan dari pidato yang dibawakan, setidaknya ada satu unsur yang dimasukkan dalam penutupan pidato. Berikut adalah beberapa contoh penutupan pidato yang memasukkan kelima unsur diatas. 

Contoh Penutupan Pidato

Berikut adalah contoh-contoh penutupan pidato yang diterapkan dari unsur-unsur penutupan pidato yang berisi ungkapan rasa terimakasih, Harapan, Himbauan, Permohonan Maaf dan kesimpulan dari apa yang disampaikan saat berpidato. 

Contoh Penutupan Pidato 1

Sehingga jika terus berusaha semaksimal mungkin dan istiqomah, semua yang dicita-citakan serta impian apapun pasti akan terwujud. Selama tujuan tersebut terencana dengan baik, langkah demi langkah sudah diperhitungkan dengan matang dan sabar dalam proses itu, keinginan kita pasti akan terwujud. 

Tiada cita-cita yang tidak pasti, kecuali cita-cita tersebut tidak terencana dengan baik. Itulah tugas kita disekolah yaitu untuk mencari jati diri dan memperhitungkan langkah demi langkah agar masa depan kita terencana dengan baik. 

Jangan lupa juga untuk bergantung dengan orang-orang sekitar kita yang kita percaya, dan yang pasti bergantung kepada Allah SWT karena ialah sebaik-baik pembuat rencana. 

Akhir kata inilah yang mungkin dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan dan semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi pendengar. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Penutupan Pidato 2

Sampai disinilah materi yang hanya dapat saya sampaikan, harapannya apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat walaupun sedikit. Semoga Allah swt mengampuni kesalahan dari apa yang saya sampaikan dan saya memohon maaf jika ada yang kurang berkenan. 

Akhirul Kalam, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Penutupan Pidato 3

Demikianlah kebijakan yang diambil oleh pemerintah demi mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih luas. Semua kebijakan yang diambil dibuat berdasarkan pertimbangan keselamatan masyarakat secara luas dan demi mengantisipasi dampak negatif pandemi kedepannya. 

Dengan demikian, maka masyarakat dihimbau agar mematuhi aturan yang sudah dibuat. Tidak melakukan perjalanan kecuali dengan alasan-alasan yang dikecualikan, menunda mudik lebaran dan tetap berada di rumah hingga masa pembatasan sosial berakhir. 

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, semoga himbauan ini dapat diindahkan. Stay at home and stay safe. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Contoh Penutupan Pidato 4

Mari kita sama-sama membangun masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Dimulai dari diri kita sendiri dan keluarga serta lingkungan di sekitar kita. Mari kita budayakan sifat saling memaafkan diantara kita.  

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, saya pribadi memohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan yang terucap dari lisan. Atau jika ada perbuatan saya yang dianggap kurang sopan saya memohon maaf sebesar-besarnya. 

Sebagaimana tadi yang saya sampaikan, jikalau masih manusia biasa maka pasti tidak luput dari kesalahan dan dosa. Sebagai manusia cuma bisa memohon ampun kepada tuhan dan meminta maaf kepada sesama manusia. 

Saya akhiri, wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Penutupan Pidato 5

Sekali lagi saya ucapkan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada para peserta dan hadirin yang sudah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan pagi hari ini. Acara ini tidak mungkin bisa teselenggara dengan baik tanpa adanya partisipasi dari para hadirin dan rekan-rekan semua. 

Saya ingin mendedikasikan kesuksesan acara ini pada kita semua yang hadir dan para rekan-rekan yang berkolaborasi demi teselenggaranya kegiatan ini. Acara ini adalah milik kita bersama, karena itu harapannya semuanya bisa mengikuti hingga acara ini benar-benar selesai dan menikmati semua proses yang ada. 

Demikianlah, selamat bersenang-senang hingga akhir acara. Saya akhiri pembukaan dari saya. Selamat siang dan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Demikianlah artikel contoh penutupan pidato dan cara membuatnya yang bisa kamu terapkan dalam membuat teks pidato. Baca juga artikel Contoh Pembukaan Pidato. Semoga bermanfaat!