Tips Penting Bagi Mahasiswa Baru yang Akan Menjalani Kehidupan Kuliah

tips mahasiswa baru

Menjadi Mahasiswa adalah impian banyak orang. Status sebagai Mahasiswa memang bukan sebuah tujuan akhir, namun merupakan sebuah proses singkat dimana seorang pelajar berusaha memaksimalkan potensi dirinya sebelum memasuki dunia kerja dan berbaur langsung dengan masyarakat. Bisa dibilang, Perkuliahan mahasiswa adalah proses untuk mematangkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama menjadi pelajar, sejak sekolah dasar hingga menjadi mahasiswa. 

Seleksi nasional SBMPTN dan SNMPTN bahkan diikuti oleh ratusan ribuan siswa tahun ini. Bagi kamu yang lulus test tersebut selamat kamu akan menjadi mahasiswa baru tahun ini. Fasliah akan memberi tips-tips penting untuk kamu agar siap menjadi kehidupan kuliah. 

Bagi yang belum berkesempatan untuk kuliah tahun ini, kamu bisa tetap berusaha sembari menjaga semangat. Isi waktu luang 1 tahun ini untuk persiapan test sbmptn 2022 atau bekerja sambilan dan mengasah softskill. Jika direncanakan dengan tenang dan hati-hati, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan tentang masa depan asal kamu senantiasa berusaha dan berdoa. 

Bahkan jika tidak direncanakan dengan baik, menjadi mahasiswa adalah pilihan yang salah. Karena itu ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan dari tips berikut untuk menjadi bagian dari planning kamu saat menjadi mahasiswa baru nanti. 

Menjadi mahasiswa berprestasi 

Ketika memulai kehidupan kuliah, pastikan satu hal yang ingin kamu capai, yaitu menjadi mahasiswa yang berprestasi. Kehidupan kampus adalah tempat dimana kamu bisa memilih ingin menjadi apa saja (asal tekun dan terencana). Mulailah tentukan kamu ingin berprestasi di bidang apa? 

Berprestasi di bidang akademik, Pengalaman organisasi, Keahlian non-akademik lainnya bisa kamu tekuni di kehidupan perkuliahan. Ketika menjadi mahasiswa, ada beberapa hal wajib yang harus kamu prioritaskan seperti nilai akademik. Hal-hal lain. seperti kegiatan organisasi, pengabdian masyarakat dll yang mengasah softskill dan hardskill mu pada dasarnya merupakan hal penting yang harus diperhatikan. 


Mulailah untuk memilih, bahwa kamu ingin menonjolkan prestasi di bidang-bidang tertentu. Pilihan seperti ini akan menuntun mu pada pilihan-pilihan lainnya, seperti lingkaran pertemanan dan keahlian tertentu. Hal yang harus diingat adalah, dikehidupan kuliah pada dasarnya kamu bisa memilih untuk menjadi apa saja, asal punya perencanaan yang matang dan ketekunan yang kuat

Dirimu 10 Tahun Kemudian, Ingin seperti apa? 

Setelah menyusun rencana bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi dan tau bahwa kamu bisa memilih untuk berprestasi dibidang manapun, tips penting selanjutnya untuk mahasiswa baru adalah membuat planning jangka panjang yakni dalam rentang 10 tahun kedepan. Kenapa 10 tahun? karena 10 tahun kedepan karir seseorang umumnya akan tetap dan tidak berubah, biasanya orang akan tetap dengan pekerjaannya di rentang usia 30-an. 

Planning 10 tahun ini harus sesuai dengan rencana "mahasiswa berprestasi" versi dirimu. Ada keterkaitan besar antara pilihan-pilihan kamu saat mahasiswa dengan pilihan saat memasuki usia kerja. Kamu akan kesulitan jika menjelang kelulusan baru mempunyai tekad untuk menjadi musisi, sedangkan saat kuliah dirimu hanya fokus bada bidang akademik. Proses panjang 10 tahun dari sekarang ini harus benar-benar dimanfaatkan. 

Jika 10 tahun kedepan ingin menjadi Designer Grafis, mulai sekarang jadwalkanlah untuk membentuk kebiasaan berlatih mendesain dan mencoba-coba tool seperti Adobe Illustrator, memperlajari UI (User Interface) dan UX (User Experience) dan lain sebagainya. Jangan lupa juga bahwa suatu hobi bisa jadi akan sangat membosankan jika dilakukan terus menerus. Disaat itu hanya satu yang perlu kamu lakukan, yaitu terus paksakan dirimu mencoba hingga hobi tersebut menjadi kebutuhan sekaligus keahlian. 

Cari lingkaran pertemanan yang nyaman, sekaligus menantang

Sudah tau ingin menjadi apa dan tau apa yang ingin dilakukan? Tips yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru selanjutnya adalah mencari komunitas. Komunitas disini tidak perlu komunitas yang didirikan secara resmi dengan nama 'Komunitas A dan B', kamu hanya perlu mencari orang-orang yang mempunyai rencana yang sama dengan mu. Komunitas atau perkumpulan seperti ini akan membuat mu cepat berkembang. 

Komunitas yang satu 'frekuensi' memang bagus, namun memperluas jangkauan pertemanan adalah hal yang sangat penting di dunia perkuliahan. Jika kamu selama ini berada di komunitas agama tertentu, penting sekali untuk mempunya setidaknya kenalana di komunitas agama lain. 

Carilah orang-orang yang bisa membuat kamu nyaman, dan sebisa mungkin kamu juga membuat mereka nyamana dengan jati dirimu yang sebenarnya, karena pertemanan yang baik adalah pertemanan yang apa adanya, bukan ada apanya. 

Nah itu adalah tips atau nasehat penting yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru yang akan menjalani perkuliahan di tahun ini. Semoga kalian tetap bahagia dengan pilihan-pilihan yang kalian buat dan mampu mempertanggungjawabkannya :)