Contoh Pembukaan Pidato Islami Atau Ceramah (kultum) yang Singkat dan Mudah Dihafal



Pembukaan (Muqaddimah) pada pidato merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat berdiri dihadapan banyak orang ketika akan berpidato atau memberikan ceramah. Pembukaan pada pidato, ceramah ataupun kultum menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah pidato untuk menarik perhatian audiens atau pendengar. 

Para pendengar atau audiens biasanya akan menilai seorang yang berpidato saat ia pertama kali berbicara. Jika disaat pembukaan pidato dibawakan dengan cara yang kurang menarik dan cara yang terlalu lazim, audiens pasti akan memilih tidak mendengarkan dan fokus pada hal yang lain. 

Ceramah atau pidato islami atau biasa yang dikenal dengan Kultum (kuliah tujuh menit) memiliki pembukaan yang sedikit berbeda dengan pidato yang biasanya. Pembukaan pada Pidato islami biasanya banyak menggunakan bahasa arab. Model pembukaan pidato islami ini banyak sekali digunakan di sekolah madrasah ataupun pondok pesantren.

Supaya pidato atau kultum islami bisa menarik banyak pendengar dan mendapat perhatian audiens, pembukaannya haruslah juga bagus dan menarik. Berikut ini beberapa pembukaan pidato islami singkat dan jelas yang sering digunakan di madrasah maupun pondok pesantren. 

Contoh Pembukaan 1

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Wa shalatu Wa Salamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shohbihi wa man wa lah, amma ba'du

Segala puji hanya milik Allah ta'ala yang telah memberikan kita nikmat yang tak terhingga sehingga kita berkumpul bersama disini, shawalat dan salam semoga tecurahkan kepada kekasihnya Nabi Muhammad Shallahu alaihi wa salam  semoga kita dapat sempurna dalam meneladani akhlak beliau. 

Contoh Pembukaan 2

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه 

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbi Al- alamin, wa bihi nasta'in ala umuri ad-dunya wa ad-ddin, wa sholatu wa salamu ala asyrafi al-mursalin, wa ala alihi wa shohbihi ajma'in. Amma ba'du

Segala puji hanya pantas ditujukan kepada Allah subhana wa ta'ala tuhan semesta alam yang memberikan kita kemudahan dalam acara ini sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama untuk mensukseskan kegiatan ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa kita kirimkan untuk junjungan alam manusia paling mulia akhlaknya yaitu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Contoh Pembukaan 3

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah al ladzi hadaana li hadza, wa ma kunna li nahtadiya laulaa an hadana allah, asyhadu an laa ilaha illa allah, wahdahu la syarikalahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuluhu la nabiyya ba'dahu

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur dan terimakasih kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang telah memberikan nikmat sehat dan sempat sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama untuk menunaikan acara ini. Kedua, shalawat dan salam semoga  senantiasa kita lisankan kepada junjungan alam nabi muhammad shallahu alaihi wa sallam. Semoga kelak kita diakui oleh beliau sebagai ummatnya kelak di hari kiamat. 

Contoh Pembukaan 4

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه

اَ الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi rabbi al-alamin, wa shalatu wa salam 'ala asyrafi al-anbiya wa al-mursalin, nabiyyina wa habibina muhammad wa ala alihi wa shahbihi ajma'in, wa man tabi'ahum bi ihsanin ila yaumiddin. amma ba'du 

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam karena berkat dan rahmatnya lah kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan shalawat dan salam semoga tetap istiqomah kita lisankan untuk baginda kita nabi Muhammad shallahu alaihi wa sallam, beserta keluarga dan sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti mereka sampai hari kiamat kelak. 

Contoh Pembukaan 5

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Dengan menyebut nama Allah yang Maha pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya milik Allah Rabb alam semesta. Kepada Allah kita memohon pertolongan atas segala urusan dunia dan agama. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas sebaik-baik Rasul Nabi Muhammad SAW, dan yaitu semua keluarga, para shahabatnya, para tabi'in, dan semua yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kiamat

Contoh Pembukaan 6 

Assalamualaikum Warahmatullahi ta'ala Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah ta'ala yang maha kuasa atas segala sesuatu, ialah tuhan semesta alam yang telah memudahkan terselenggaranya acara ini dan memberikan kita waktu luang dan nikmat sehat. Ia pula yang telah mengirim sebaik-baiknya manusia untuk dijadikan suri tauladan dan contoh terbaik bagi manusia yang ingin mendekati diri kepada tuhannya. Mari kita bersholawat kepada nabi Muhammad Shollahu alaihi wasallam. Semoga kelak kita diakui oleh beliau sebagai umatnya karena bentuk kecintaan kita kepada beliau. 

Berikut tadi adalah 5 contoh pembukaan atau muqaddimah singkat yang biasa digunakan dalam pidato islami, ceramah dan kultum. Tergantung seperti apa kondisinya, biasanya pendengar tidak terlalu suka mendengarkan muqaddimah/ pembukaan yang terlalu panjang dan bertele-tele. 

Namun jika digunakan dalam rangka lomba atau kompetensi pidato, maka disarankan untuk memperpanjang muqaddimah dan menambah variasi bahasa, misal dalam muqaddimah menggunakan 3 bahasa yakni bahasa arab, Indonesia dan bahasa inggris. 

Dalam berpidato juga, tidak cukup hanya mempersiapkan teks untuk dihafal, namun juga harus melatih sikap, kejelasan suara dan raut wajah. Dengan cara itulah para pendengar pasti akan tertarik dengan pidato yang akan kamu sampaikan. 

Fasliah.id