Pilih Spotify atau Youtube Music? Perbedaannya dan Mana yang Terbaik

Apa saja perbedaan kedua aplikasi ini? Fasliah akan membagikan pengalaman selama mendengarkan musik melalui kedua aplikasi ini.
perbedaan spotify vs youtube music


Mendengarkan musik seakan menjadi kebutuhan semua orang di zaman sekarang. Terutama ketika sendiri melakukan kegiatan atau ketika berada di tengah keramaian, musik selalu menjadi teman. Karena itu tak heran, layanan streaming musik menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang. Tak heran Spotify dan Youtube Music menjadi layanan musik paling populer yang telah dipakai oleh ratusan juta orang. 

Kedua layanan ini menjadi primadona penikmat musik legal diseluruh dunia. Spotify lebih dulu dikenal sebagai aplikasi streaming musik karena pertama kali didirikan tahun 2006 sedangkan Youtube music baru berdiri tahun 2015. Namun Youtube yang berdiri setahun lebih dulu dari Spotify juga menjadi tempat orang-orang mendengarkan musik.

Jadi jika dulu layanan streaming musik sangat identik dengan Spotify, maka itu berubah ketika Youtube music diluncurkan. Dulu Apple Music juga termasuk pesaing (karena juga dapat diunduh di Android) namun tetap kalah saing dari Spotify. Pengguna Apple sendiri banyak yang tetap menggunakan Spotify walau Apple Music sudah terinstal default diperangkat mereka. 

Youtube music walau baru dirilis tahun 2015 namun kini keduanya menjadi pesaing berat, di Google Play Store kedua aplikasi ini sama-sama diunduh sebanyak 500 Juta pengguna. Walau sama-sama berfungsi untuk streming musik, ada beberapa perbedaan yang dapat dirasakan ketika kamu berlangganan keduanya.

Apa saja perbedaan kedua aplikasi ini? Fasliah akan membagikan pengalaman selama mendengarkan musik melalui kedua aplikasi ini. 

Podcast 


Adakah yang suka mendengarkan rekaman audio berisi narasi atau percakapan antar dua orang yang memiliki beberapa episode? Orang biasa mendengarkan Podcast melalui Spotify. Jadi secara umum Spotify dapat digunakan untuk streaming musik dan mendengar podcast. Podcast dalam format audio ini tidak ada di Youtube Music. 

Untuk mendengarkan Podcast kamu harus beralih dari Youtube Music ke Aplikasi Youtube dan mendengarkan Podcast dalam bentuk video. Tentu dalam hal kualitas audio, podcast di spotify memiliki kejernihan suara dibanding kualitas suara video di youtube. 

Namun dalam  pengalaman mendengarkan musik, Spotify dan Youtube Music memiliki kualitas suara yang sama. 

Share Lagu di Instastory


Ada gak yang suka share lagu dari Spotify ke Instastory? Fitur ini memang menjadi ciri khas Spotify yang disenangi banyak orang. Karena bisa berbagi judul lagu kepada orang lain (hitung-hitung untuk nambah eksis di IG)

Fitur ini sebenarnya juga ada di Apple Music namun gambar yang dibagikan tidak sebagus Spotify. Nah di Youtube Music fitur ini tidak tersedia. 

Lagu Versi Cover 


Ada kalanya kamu lebih suka mendengarkan music versi coveran dari penyanyi lain dibandingkan lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi aslinya. Spotify biasanya tidak menerima lagu yang di cover. Di Youtube Music kita mendengarkan lagu yang dicover oleh penyanyi-penyanyi yang kita sukai. 

Kita juga bisa melihat video dengan kualitas minimum dari musik yang kita dengar di Youtube Music. Sedangkan di Spotify tidak menyediakan video, hanya cuplikan beberapa detik yang digunakan sebagai ganti foto album dari musik yang kita dengar. 

Saya sendiri banyak menemukan artist yang suka mengcover lagu-lagu di channel mereka. Beberapa ada yang menurut saya pribadi lebih enak didengar dari penyanyi aslinya. Misal lagu 'Lemon' yang di Cover oleh Kobasolo. 

Multitask Ketika Menonton Video  


Ketika kita berlangganan Youtube Music kita akan ditawarkan untuk membeli paket Youtube Premium. Youtube Premium ini biasa akan satu paket dengan layanan Youtube Music. Nah ketika berlangganan, kamu bisa menikmati video youtube tanpa iklan. 

Spesialnya lagi, video yang ditonton tidak akan berhenti ketika kita beralih ke aplikasi lain. Video tersebut tetap bisa ditonton dalam frame yang minimalis. Jadi sembari membuka aplikasi lain, video tersebut tetap bisa kamu tonton. 

Kelebihan ini tersedia ketika berlangganan Youtube Premium sekaligus Youtube Music. 

Harga


Kata orang "Ada harga ada kualitas" Nah kamu bisa membandingkannya dengan layanan yang didapat dari kedua aplikasi ini. 

Harga berlangganan Youtube Music jika terpisah dari Youtube premium lebih murah dari Spotify yakni 49.000, sedangkan jika ditambah dengan Youtube premium harganya menjadi 59.000 (saya mendapat harga ini saat pembelian pertama kali). Paket ini adalah yang regular, tersedia juga paket pelajar yang lebih murah.

Sedangkan biaya berlangganan Spotify dimulai dari 69.500 dan tersedia juga paket untuk pelajar. Kedua aplikasi ini menyediakan masa percobaab gratis selama sebulan. 

Nah bagi kalian yang suka musik, boleh tuh dicoba masa gratisnya. Tentukan sendiri mana yang terbaik!