Apple Event 'Spring Loaded' : Inovasi Apple di Tahun 2021

Apple event April 2021

Apple memang dikenal karena inovasinya. Inilah yang membuat brand berlogo apel tonggos ini terkenal. Walau bagi beberapa orang brand Apple sering dikaitkan dengan status hidup (mungkin cuma di Indonesia saja) tak menutupi fakta bagusnya kualitas barang yang ditawarkan oleh perusahaan rintisan Steve Job ini.

Pandemi yang melanda dunia semenjak awal 2020 juga tak menghambat inovasi Apple. Bulan oktober Apple malah merilis chip M1 yang menjadi terobosan bagi Macbook untuk bercerai dengan Intel yang selama ini menjadi Chip andalan Macbook. Chip M1 benar-benar membuka jalan baru bagi apple, karena membawa perbedaan yang sangat besar dari segi kualitas dan pengalaman pengguna untuk produk seperti Macbook. 

Tak heran setiap perilisan produk, Apple selalu menjadi standar kepuasan bagi penikmat perkembangan teknologi. Apple selalu mengadakan acara saat perilisan produk-produk mereka. Acara ini disebut Apple Event dan biasanya selalu ditunggu-tunggu penikmat teknologi. Appe Event yang diadakan tanggal 20 April yang lalu bahkan ditonton 800k-an saat live berlangsung. 

Sebenarnya saya ingin membahas banyak tentang Apple, terutama bagaimana sebenarnya Apple mengajarkan kepada kita sebagai konsumen untuk menjadi 'Smart Buyer', bukan bermaksud untuk membeli produk mereka, tetapi agar selalu menjadikan nilai (value) yang ditawarkan sebuah produk dalam ketika akan terjadi transaksi. Bukan hanya itu, bagaimana memprediksi terobosan-terobosan yang dilakukan oleh perusahaan juga menjadi pertimbangan penting bagi konsumen. 

Saat M1 baru dirilis bulan Oktober 2020, sebelumnya di tahun yang sama juga diadakan event pada bulan maret. Di tahun 2020 ada dua event yang diadakan oleh Apple. Macbook 2020 dirilis pada bulan Maret sedangkan Macbook 2020 dengan chip M1 dirilis bulan oktober. Walau sama-sama '2020', dari segi performa kedua produk ini sangat berbeda. Dan yang lebih mengejutkan lagi, harga keduanya tidak terlampau jauh. Macbook Air base model antara chip intel dan m1 memiliki harga yang sama. (kalau di indonesia versi intel sudah turun). 

Saya pribadi merasa rugi sih jika harus buru-buru beli macbook 2020 early jika tau bulan oktobernya Apple juga akan merilis macbook dengan versi yang lebih mantap dengan harga yang sama pula. Saat itu saya memutuskan untuk bergabung dengan ekosistem Apple saat M1 rilis pertama di Indonesia. 16 Januari adalah first-time rilisnya Macbook dengan chip M1 rilis di negara ini. Alhamdulillah Allah beri kesempatan untuk menggunakan Macbook Air cip M1 model dasar. 

3 bulan setelah rilis di indonesia, ternyata Apple Event akan diadakan lagi😅 (Inovasi Apple bahkan lebih gesit daripada progress skripsi saya). Saya kaget, gak mungkin apple akan merilis versi macbook yang lebih baru kan, kalo nggak Ipad ya Iphone yang bakal terbit versi barunya, pikir saya. Apple Event 20 April pukul 00:00 nanti (kalo di Indonesia udah masuk tangggal 21 sebenarnya). Dan ternyata tebakan saya tepat sasaran.

Event tanggal 20 kemaren bertajuk 'Spring Loaded' dan Apple melakukan inovasi pada beberapa produknya, yang mungkin sangat disorot oleh reviewer youtube adalah Ipad yang ditenagai oleh chip M1. Jadi M1 tidak hanya digunakan untuk Macbook, tapi juga Ipad. Value yang ditawarkan oleh Ipad adalah kecepatan. Untuk baterai dan permasalahan thermalheat tidak disinggung dalam video dokumenter Apple. Sebelumnya permasalahan thermalheat dan baterai terutama pada Macbook Air selesai ketika M1 rilis. Macbook air bahkan tidak lagi memakai kipas dan tidak terjadi kenaikan panas yang signifikan ketika digunakan untuk pekerjaan berat. 

Selain Ipad, layar monitor bermerk Apple yakni Imac direnovasi menjadi supertipis dan minimalis. Mungkin ini pertama kali saya melihat layar komputer begitu tipisnya. Selain itu Imac disni punya warna yang beragam. Saat itu juga dibahas pembaruan fitur pada Apple TV, penambahan warna puprple pada Iphone 12, dan Magickeyboard Ipad yang berwarna putih.

Apple juga merilis produk airtag (kalo saya lihatnya sejenis barang yang bisa dijadikan gantungan kunci-) yang bisa menjadi alat lacak. Apple airtag ini berguna untuk mensinkronkan lokasi pada Find My jika seandainya produk apple mu hilang atau dicuri. Airtag ini berguna untuk pelacakan jika sebelumnya barang-barang anda (misal kunci, dompet, dll) disimpan bersama airtag. 

Untunglah Apple tidak buru-buru merilis versi terbaru dari Macbook mereka, walau saya juga ikut penasaran seperti apa inovasi mereka kedepannya. Oh ya saya sebenarnya bukanlah Apple fanboy atau sejenisnya, saya tidak menggunakan iphone untuk pekerjaan mobilitas. Saya hanya menggunakan Macbook untuk memudahkan pekerjaan saya dalam bidang tulisan dan desain grafis. Lagian barang-barang sebenarnya bukan representasi kita sebagai manusia. Beli barang sesuai kebutuhan dan pekerjaan anda. Kalau barang semacam gawai atau laptop hanya digunakan untuk menunjukkan status hidup yang gak seberapa (baca: pamer), maka barang-barang tadi adalah representasi anda. Dengan kata lain, anda adalah budaknya barang. 

Semoga kita gak menjadi seperti itu ya! Salam