Review Novel #BERHENTIDIKAMU : Cerita Pencarian Belahan Jiwa Sang Dokter - Fasliah.id

Sunday, February 28, 2021

Review Novel #BERHENTIDIKAMU : Cerita Pencarian Belahan Jiwa Sang Dokter

Novel Berhenti di kamu

Novel Berhenti di Kamu bukan novel yang baru saja dirilis, namun pertama kali rilis 3 tahun yang lalu di tahun 2018. Saya mengikuti pre-order oleh penerbit Mizan dan mendapat versi cetakan pertamanya. Novel ini sempat menjadi trending di twitter karena ceritanya yang memang bikin baper dan menggugah terutama bagi orang yang selama ini sedang dalam 'masa pencarian jodoh'. 

Meski baru sempat menulis ulasannya di blog ini, saya masih mengingat bagaimana kesan ketika pertama kali membaca kisah dokter Gia dalam buku ini. Santai dan menginspirasi. Dan yang paling penting yaitu realistis. Novel ini memang diambil dari kisah hidup si dokter, karena itu ceritta yang dibuat terkesan realistis dan tidak berlebihan (baca: alay). Terlebih lagi novel ini tidak hanya bercerita tentang cinta, tapi juga keseharian yang penuh dengan manfaat, kisah unik besama pasien, hingga perjalanan jauh ke luar negeri. 

Diluar isi buku, ada hal menarik lainnya. Yakni Soundtrack yang sengaja dibuat untuk menemani pembaca  novel #BERHENTIDIKAMU. Original Soundtrack (ost) buku ini berjumlah 5 buah dan bisa diakses melalui kode QR yang terhubung dengan laman Soundcloud.com

Cerita dimulai dengan Quote tentang cinta;

Apapun kondisi kita, di langit ketujuh ataupun di palung terdalam, kita semua berhak untuk dicintai, oleh pasangan yang tepat


Dokter Gia Pratama memulai kisah pertemuannya dengan seorang wanita rupawan di sebuah pesawat dalam perjalanan ke tanah suci mekkah. Perempuan ini sangat memikat karena kecantikannya walau hanya hanya dengan tatapan pertama. Begitulah kesan pertama si dokter. Perempuan tersebut bernama Elsa. 

Kejadian saling tatap di pesawat membuat Gia mulai berpikir serius tentang jodoh. Saat itu sudah 2 tahun sejak Gia lulus dari Fakultas Kedokteran dan mengisi waktu dengan mengajar di Fakultas Kedokteran tempatnya menimba ilmu dulu selain bekerja sebagai dokter praktik. Gia mulai kepikiran tentang Jodoh.
 
Dari sini perjumpaan-perjumpaan yang tidak sengaja dengan Elsa terus terjadi hingga berlanjut ke perjumpaan yang disengaja. Hubungan keduanya juga terus meningkat secara bertahap. Namun takdir berkata lain karena hubungan keduanya kandas karena beberapa hal, tergambar jelas dalam sub judul buku ini “Austria and German, I Feel Empty”. Perjalanan yang dikira akan sangat menyenangkan, berubah terbalik.

Memang jodoh itu urusan yang diatas. Manusia hanya bisa berusaha dan terus memantaskan diri. seperti doa dokter Gia diawal-awal;

Ya Allah, semoga engkau setuju bahwa saya sudah cukup usia untuk mengemban tanggungjawab lebih. Bukan hanya bertanggungjawab kepada diri saya, tetapi juga kepada orang yang engkau percayai kepada saya hatinya, entah siapa dia. 


Cerita tentang Elsa hanya sedikit dari bagian-bagian seru dalam buku ini. Dokter Gia juga berbagi pengalaman serunya ketika menemui pasien yang berobat.  Selain kisah cinta yang dapat diambil hikmahnya, Dokter Gia termasuk sosok inspiratif karena pekerjaannya yang menolong banyak orang. Terlebih lagi hobinya yakni menulis dan berbagi kisah-kisah dari kesehariannya. 

Kisahnya dalam mencari belahan hati juga menarik dan menginspirasi. Sesuai dengan judul buku, novel ini berakhir ketika Gia menemukan perempuan yang selama ini harusnya ia cari. 

Pembaca juga dapat melihat perbedaan Gia ketika ia berpacaran dengan Elsa dan sesudah tidak bersamanya lagi. Gia lebih dewasa dan tenang setelah ia tau bahwa Elsa bukan orang yang ditakdirkan untuknya. Ada satu hal menarik dari perkataan Ari, teman Gia saat melihat foto ia bersama Elsa di instagram. Ari berkata ke Gia “Lo kan paling anti pamer ketidakpastian?”

Ari ingin menyampaikan kepada pembaca, Pacaran itu adalah ajang pamer ketidakpastian, apalagi udah posting-posting kemesraan di media sosial. Tentu jika dikaitkan dengan banyak hal, perkataan Ari sangat relevan dan benar. Thanks to Ari karena perkataannya pasti akan diaminin oleh banyak kaum jomblo. 

Novel #BERHENTIDIKAMU telah diadaptasi menjadi film bioskop yang diperankan oleh Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Film ini dirilis 14 Februari yang lalu. Jika ingin mendalami cerita maka pilihan terbaik tentu jatuh ke pilihan membaca versi novel. Tapi tidak ada salahnya mencoba menikmati versi adaptasi filmnya. 

Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]