Tutorial Memilih Makanan Sehat Untuk Sehari-hari - Fasliah.id

Saturday, April 4, 2020

Tutorial Memilih Makanan Sehat Untuk Sehari-hari

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan oleh banyak mahkluk hidup termasuk manusia, mengkonsumsi makanan setiap hari tentu memiliki tujuan yaitu mendapatkan energi dan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, makanan yang sehat itu juga banyak sekali, tergantung dari anda apakah selama ini sudah tepat memilih makanan yang sehat atau belum.

Paramater dari makanan yang sehat itu ada 3 hal, pertama makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh kita, kedua jenis makanan tersebut adalah makanan alami yang berasal dari tumbuhan dan hewan dan ketiga adalah makanan yang masih layak untuk dikonsumsi atau makanan yang masih segar.

Dari ketiga komponen ini, bisa disimpulkan bahwa makanan sehat berarti makanan alami yang higenis dengan nutrisi tinggi. Mari kita simak informasi selengkapnya dalam memilih jenis makanan sehat untuk sehari-hari.

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Kebutuhan Sehari-hari




1. Konsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan daun-daunan


Salah satu makanan sehat yang bisa anda konsumsi setiap hari adalah berupa sayuan dedaunan yang bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional. Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi kompleks yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, bahkan menurut beberapa penelitian, menyimpulkan jika kandungan nutrisi di sayuran berwarna lebih lengkap dibandingkan jenis makanan lain seperti cepat saji misalnya.

Dari informasi ini, kami harap anda selalu mengkonsumsi sayuran sehat dengan berbagai olahan yang bervariasi. Apa sih manfaat makan sayur  setiap hari ? Pertama, membuat kondisi tubuh anda lebih segar, sehingga kulit tidak terlihat kering seperti sel mati.

kedua kebutuhan nutrisi pada tubuh anda benar-benar bisa tercukupi dengan baik. Jenis sayuran yang bagus untuk anda konsumsi itu sangat banyak seperti bayam, kubis, wortel, terong, tomat, bunga kol, pare, kacang-kacangan dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Makanan dari sumber bahan daging yang menyehatkan


Demi mencukupi kebutuhan protein dan serat tinggi pada tubuh anda, mengkonsumsi daging juga menjadi hal penting yang harus anda biasakan setiap harinya. Minimal 4 hari sekali anda harus mengkonsumsi daging untuk mendapatkan nutrisi yang cukup bagi tubuh anda.

Banyak sekali kandungan nutrisi pada daging seperti protein, karbohidrat tinggi, serat, vitamin dan beberapa vitamin lainnya. Jenis daging yang bisa dikonsumsi saat ini juga banyak mulai dari daging sapi, daging domba, daging kambing dan ayam. Pilih mana yang anda suka, pastikan dalam pengolahan daging juga harus benar-benar matang agar lebih menyehatkan untuk tubuh anda.

Tetapi yang perlu di ingat, hindari juga konsumsi daging yang berlebihan karena bisa meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh kita. Konsumsi daging sewajarnya saja, demi mencukupi kebutuhan protein dan vitamin penting di dalam tubuh kita.

3. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food


Kebiasaan mengkonsumsi junfood sudah diterapkan sejak dini oleh beberapa orang, sehingga sampai dewasa sekalipun mereka tetap terbiasa dengan jenis makanan cepat saji yang satu ini. Tidak mengherankan kalau sampai hari ini masih banyak orang yang terkena penyakit seperti obesistas dan jantung koroner karena pola makan yang salah.

Mengkonsumsi makanan cepat saji dilain waktu satu – dua kali masih diperbolehkan, tetapi tidak untuk setiap harinya. Tidak semua makanan cepat saji ini memiliki kandungan nutrisi lengkap, yang ada malah kalorinya yang tinggi dan kandungan glukosanya yang tidak terukur.

Ini penting untuk anda pahami yang selama ini masih mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food, kandungan kalori yang tinggi jika tidak di imbangi dengan olahraga uang cukup, maka bisa mengendap menjadi lemak jenuh yang akhirnya menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti kolestrol, diabetes dan berbagai jenis penyakit lainnya.

4. Mengkonsumsi roti gandum adalah cara terbaik jika anda ingin sehat


Salah satu makanan yang menurut kami cukup bagus dikonsumsi setiap saat adalah roti gandum yang bisa anda sediakan di rumah. Meskipun banyak orang yang tidak menyukainya, perlu di ingat kalau roti gandum ini memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat dan juga vitamin.
Tidak heran kalau banyak orang yang menjalankan program diet, lebih memilih untuk konsumsi roti gandum karena bisa kenyang dalam waktu yang lama. Anda bisa membuat banyak olahan dari roti gandum sehingga tidak bosan untuk menyantapnya.

Oya, roti gandum ini berbeda dengan oatmeal yah, kalau roti ya sebatas roti biasa dengan kandungan gandum yang tinggi, sedangkan otamel lebih ke serbuk gandum dalam butiran yang lebih kecil lagi. Konsumsi roti gandum setiap pagi untuk sarapan, sehingga aktivitas belajar dan bekerja anda lebih menyenangkan setiap paginya.

5. Pilih jenis makanan yang masih segar dan layak konsumsi


Bagi ibu-ibu yang belanja di pasar untuk membeli bahan makanan, pastikan untuk membeli jenis bahan makanan yang masih segar kondisinya.

maksud dari masih segar ini adalah yang layak untuk dikonsumsi, terkadang kami sering menemukan jenis bahan makanan seperti ikan yang sudah banyak dikerumunin lalat tetapi masih dibeli karena harganya murah, meskipun begitu itu sudah banyak telur lalat yang menempel pada ikan sehingga tidak bagus untuk kesehatan. Lebih baik, belilah jenis ikan yang masih hidup atau yang masih segar.

Kemudian untuk bahan dari sayuran, pastikan untuk memilih jenis sayuran yang masih segar, ciri-cirinnya ( daun belum layu, warna dari daun masih cerah tidak memudar dan masih kokoh untuk dipegang ). Contoh sayuran yang sudah tidak segar atau tidak layak makan adalah warna sayuran seperti kuning tua, terlihat pada jenis wortel di bagian pangkalnya kalau sudah menguning sudah tidak layak konsumsi lagi.

Bahan makanan terbaik biasanya datang di pagi hari, usahakan untuk pergi ke pasar pagi-pagi agar mendapatkan bahan makanan yang sehat.

6. Hindari penggunaan micin atau MSG dalam memasak makanan


Tips dari kami agar anda tetap sehat adalah menghindari penggunaan micin atau perasa makanan, MSG yang tinggi memang cukup enak namun dampaknya cukup buruk untuk kesehatan kita. Banyak orang yang percaya, mengkonsumsi makanan dengan kandungan MSG tinggi bisa berpengaruh terhadap kesehatan otak dan mengaktifkan sel kanker di dalam tubuh kita.

Nah, karena itu hindari pengunaan MSG yang berlebihan pada bahan makanan.
Sampai disini dulu informasi dari kami mengenai tutoria memilih jenis makanan yang sehat dan layak untuk dikonsumsi. Makanan yang enak bukan berarti memiliki nutrisi yang lengkap, terkadang hanya kalorinya yang tinggi saja.

Penting bagi anda sebagai ibu rumah tangga, pastikan setiap harinya ada konsumsi makanan yang benar-benar memiliki nutrisi sehingga bagus untuk kesehatan anggota keluarga. Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, semoga informasi ini cukup memberikan pengetahuan tambahan untuk anda semua. terimakasih.

Salam hangat! 
Fasliah.id

Share with your friends