window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-144367713-3'); Tutorial Agar Terhindar dari Virus dan Kuman Penyakit - Fasliah.id

Friday, April 3, 2020

Tutorial Agar Terhindar dari Virus dan Kuman Penyakit

Secara tidak langsung, wabah virus Novel Corona ( COVID-19 ) mengingatkan kita untuk terus disiplin dalam menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari berbagai sumber penyakit. Virus seperti Corona ini bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita lewat berbagai media seperti sentuhan tangan, lewat udara dan orang yang terinfeksi oleh virus satu ini.

Nah, agar kita bisa terhindari dari berbagai macam virus dan kuman penyakit, ada baiknya mulai sekarang terapkan hidup sehat dan tips yang akan kami bagikan diartikel ini. Secara umum, konten ini sudah banyak di kupas oleh website-website kesehatan lainnya, hanya saja kami percaya bahwa informasi itu tidak sebatas arahan maupun himbauan saja.



Untuk karena itu, kami berharap dengan adanya informasi ini, bisa membantu anda menjadi lebih baik dalam menjalani kehidupan setiap harinya. Mari kita lihat seperti apa tutorial agar terhindar dari virus dan kuman penyakit.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Agar Terhindar dari Kuman dan Virus


Beberapa cara yang ada dibawahi ini kami rangkum berdasarkan sumber dan ajuran dari website kesehatan, semoga bermanfaat :

1. Mencuci tangan harus menggunakan sabun, bukan hanya dengan air saja


Hal pertama yang harus anda lakukan agar terhindar dari virus dan kuman penyakit adalah rutin mencuci tangan setiap selesai menjalankan aktivitas apapun baik di luar rumah maupun didalam rumah. Contoh beberapa tempat yang seringkali kita pegang pada saat diluar rumah, tangga atau lift di mall, toilet umum, tangga umum, pintu mobil dan pintu atm, dan masih banyak sekali tempat-tempat dimana kuman menunggu anda untuk memegangnya.

Penting untuk anda ketahui, tangan merupakan sumber kuman dan virus yang menyumbang setidaknya 98%. Ini menjadi bukti kuat, bahwa mencuci tangan dengan sabun harus anda lakukan dengan benar, agar kuman dan virus mati.  Pastikan juga untuk mencuci tangan di air mengalir, bukan air di bak atau ember.

Lakukan kebiasaan ini sebelum anda makan, sebelum masuk ke dalam rumah, sebelum memegang anggota keluarga lain dan sebelum anda memegang area wajah.  Lama mencuci tangan idealnya adalah 20 detik, jika anda memiliki alkohol di rumah bisa dipakai juga untuk membersihkan tangan anda.

2. Hindari kontak dekat dengan penderita penyakit  menular seperti flu dan batuk


Cara terbaik agar anda terhindar dari kuman dan virus adalah menjaga jarak atau Social Distancing dengan penderita yang sedang sakit. Orang yang sedang sakit seperti flu dan batuk, bisa dengan cepat menularkan virus ke orang lain lewat udara dan cipratan partikel air liur mereka.

Sayangnya, tidak semua orang bisa menerima ini dengan mudah, terutama anggota keluarga mereka yang mengalami sakit. Contoh sederhana saja, di khasus wabah corona ini, masih banyak anggota keluarga yang saling berdekatan, meskipun mereka sudah tahu salah satu anggota mereka sudah suspect virus Covid-19.

Perlu kesadaran dari dalam diri sendiri baik dari anda yang masih sehat untuk tetap menjaga jarak, sedangkan bagi anda yang sakit harus bisa memposisikan diri dengan benar, pastikan untuk isolasi sendiri selama beberapa waktu tertentu. Ini penting, agar virus tidak menyebar ke anggota keluarga atau orang lain.

3. Mengenakan masker setiap kali keluar rumah, bagi anda yang sakit, masker wajib untuk di bawa setiap saat.


Penggunaan masker ini sangat penting bagi kedua pihak, baik pihak yang sehat (meskipun tidak diwajibkan) dan mereka pihak yang sedang sakit. Sebagai contoh saja, saat ini di Indonesia membeli masker itu sangat langka, karena semua orang membutuhkan alat kesehatan ini untuk melidungi dan mencegah diri mereka dari infeksi virus berbahaya yaitu Covid-19. Patut disayangkan jika kelangkaan masker ini bisa terjadi.

Secara media, orang yang sehat sebenarnya tidak membutuhkan masker, masker dibuat untuk mereka yang sakit agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain dan khusus untuk dokter atau perawat yang sedang merawat orang sakit. Saat ini, penggunaan masker bukan hanya untuk orang sakit saja, orang sehat juga mengenakannya karena besar kemungkinan tidak ada kesadaran dari orang yang sakit untuk menjaga kebersihan mereka.

Cukup wajar kalau masker di Indonesia sangat langka sekarang ini. Intinya dari poin ini, kami sarankan jika anda sedang sakit selalu kenakan masker, agar orang-orang atau anggota keluarga tidak tertular.

4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sepanjang hari 

Kesalahan yang seringkali dilakukan banyak orang ketika menjalankan aktivitas mereka di luar rumah adalah menyentuh mata, hidung dan mulut secara sengaja atau tidak sengaja, Padahal, anda tidak tahu sebelumnya  habis menyentuh apa dan bersalaman dengan siapa.

Besar kemungkinan, banyak kuman penyakit yang ada di benda-benda umum dan terpegang oleh anda. Untuk karena itu, sebisa mungkin jangan pernah namanya memencet hidung, memegang mata dan memegang pipi dengan tangan terbuka. Lebih baik, cuci tangan anda dengan sabun terlebih dahulu, barulah kalau mau memegang area wajah bisa anda lakukan.

Penyebaran kuman dan virus penyakit jauh lebih cepat  dibandingkan lewat udara, untuk karena itu kami sarankan selalu membawa handsatilizer untuk membersihkan tangan diwaktu mendesak.

5. Hindari kerumunan orang-orang di acara tertentu


Seperti himbuan dari Pemerintah pusah dan Maklumat Kapolri, ditengah maraknya wabah covid-19 ini, diharapkan seluruh masyarakat untuk menghindari yang namanya kerumunan. Ketika anda berkumpul dengan banyak orang disuatu acara, virus dan kuman lebih cepat menyebar lewat berbagai media seperti udara, percikan air liur dan sentuhan tangan.

Ini penting untuk diperhatikan, terlebih lagi saat ini jumlah kasus positif corona di Indonesia sudah tembus ribuan orang.  Karena anda sendiri tidak akan tahu apakah orang yang ada di kerumunan tersebut negatif atau positif terkena virus. Untuk karena itu, jika tidak ada acara penting, lebih baik tetap dirumah saja bersama dengan keluarga.

Meskipun dirumah, anda tetap bisa produktif dengan berbagai hal seperti bermain dengan anak, bekerja di rumah, menoton film dan bermain games dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang bisa dijalankan dari rumah.


6. Periksakan diri anda jika mengalami gejala penyakit tertentu 

Salah satu penanganan terbaik jika anda mengalami gejala penyakit tertentu, lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter setempat untuk mengetahui kondisi anda lebih lanjut. Sebagian besar orang terkadang lebih memilih dirumah dengan mengkonsumsi obat tertentu, padahal belum tahu sedang sakit apa.

Nah, saran dari kami, alangkah lebih baiknya kalau saat ini anda sedang sakit bisa langsung minta rujukan ke dokter setempat untuk periksa.

Sekian informasi dari kami terkait penjelasan tentang tutorial agar terhindar dari virus dan kuman penyakit. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih. 

Salam hangat
Fasliah.id

Share with your friends