window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-144367713-3'); Review Novel : Laskar Pelangi - Fasliah.id

Saturday, April 4, 2020

Review Novel : Laskar Pelangi


Laskar Pelangi – Dari sekian banyaknya novel yang ada, Laskar Pelangi menjadi salah satu novel paling populer di Indonesia. Siapa yang tidak tau Laskar Pelangi setelah Filmnya terkenal dan berkali-kali di putar di TV nasional?  Novel yang satu ini sukses meraih banyak pembaca karena memiliki cerita yang menarik di dalamnya. Novel ini sangat cocok untuk dibaca semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja, ataupun dewasa.

Novel Laskar Pelangi ini ditulis oleh Andrea Hirata yang merupakan salah satu novelis terkenal di Indonesia. Pria kelahiran Bangka Belitung ini sukses menciptakan beragam karya buku yang luar biasa. Karya yang dihasilkannya mampu menjadi daya tarik publik. Pria berusia 52 tahun ini sukses menghasilkan 3 sekuel dalam karirnya di dunia penulisan novel. Pastinya semua orang sudah mengenal sosok novelis ternama yang satu ini.

Buku-buku beliau kebanykan diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka, dimana buku ini memiliki ketebalan hingga 533 halaman. Banyak kisah menarik yang bisa anda dapatkan bila melihat kisah cerita yang ada di dalamnya. Ada banyak pesan moral yang bisa diambil oleh para pembaca, khususnya untuk kalangan para pelajar.

Tokoh yang ada di dalamnya bisa dijadikan teladan sikap kehidupan sehari-hari. Novel ini sangat cocok untuk kalangan sekolah karena mengajarkan moral yang baik selayaknya anak sekolah.  

Review Novel Laskar Pelangi


Buku ini mengisahkan tentang 10 anak yang berasal dari keluarga miskin. Kesepuluh anak tersebut hanya bisa belajar di sekolah sederhana, namun mereka semua mempunyai semangat belajar yang tinggi. Sekolah tersebut berada di daerah pelosok dan hampir ditutup karena kekurangan murid. Bila dibandingkan dengan sekolah lain, sekolah tersebut benar-benar memiliki kualitas yang buruk dari sisi fasilitas, maupun jumlah guru yang ada.

Banyak kesulitan yang dialami oleh mereka, baik itu siswa maupun guru yang ada di dalamnya. Sekolah yang dibangun dengan keikhlasan tersebut menjadi harapan terakhir untuk pendidikan anak-anak yang ada disana. Semenjak nyaris dibubarkan oleh Depdikbud Sumatera Selatan, sekolah tersebut sungguh beruntung karena ada satu orang anak idiot yang menyelamatkan sekolah tersebut karena tak pernah mendapatkan raport.

Kondisinya pun benar-benar memprihatinkan, bangunannya yang bobrok dan tidak layak untuk dihuni namun tetap dijadikan sebagai tempat bersekolah. Apalagi ruangan kelas yang digunakan oleh murid-murid sekolah, mereka hanya menggunakan fasilitas seadanya yang sudah ada. Bahkan bila terjadi hujan kondisi ruangan akan  berair karena ada banyaknya genteng yang bocor.

Sementara sang guru hanya mendapatkan gaji dari beras yang diberikan oleh orang tua murid. Melihat kondisi itu, kepala sekolah dan juga guru sekolah tersebut memikirkan kondisi yang terjadi. Harus ada sesuatu yang bisa menjadikan murid-murid di sekolah tersebut mampu membuat perubahan.

Siswa miskin yang bersekolah tersebut berhasil diluluhkan hatinya untuk mengikuti arahan yang diberikan gurunya. Mereka berdua mengubah hati muridnya supaya memiliki keteguhan hati yang kuat, mampu berkompetisi, menghargai, menempatkan diri, dan berbagai pengetahuan lainnya supaya mereka memiliki kepercayaan diri yang kuat. Semenjak itu, semua murid di sekolah tersebut memiliki semangat belajar yang lebih tinggi.

Berkat kedua guru tersebut, ada banyak sekali perubahan yang terjadi pada siswa di sekolah tersebut. Kedua guru itu memberi julukan kepada murid-muridnya sebagai Laskar Pelangi. Mulai itulah Laskar Pelangi mampu menunjukan banyak hal yang dapat mengubah semuanya menjadi lebih baik. Inilah asal usul nama Laskar Pelangi.

Murid-murid yang sudah diajarkan banyak hal tersebut mampu berkompetisi dengan baik setelah berhasil menjuarai karnaval. Sekolah dengan akreditasi tinggi dan lebih unggul justru kalah dari sekolah mereka yakni SD Muhammadiyah. Anak-anak Laskar Pelangi menunjukkan kualitas mereka dalam berkompetisi. Berbagai kejuaraan lainnya pun banyak dimenangkan oleh mereka.

Singkt cerita Kehidupan anak-anak Laskar Pelangi kedepannya berubah drastis, mereka memiliki pekerjaan yang layak. Ada yang bekerja sebagai wakil rakyat, research & development manager, dan masih banyak yang lainnya. Semuanya berkat kedua guru yang mengajarkan mereka dengan sabar dan ikhlas. Semangat  menjadikan mereka sukses hingga berhasil meraih masa depan yang dicita-citakan.

 
Alur dan Penokohan Yang Jelas


Alur yang ada pada novel Laskar Pelangi benar-benar sangat jelas dan terperinci. Semua dijelaskan dengan baik mulai dari awal kronologi hingga ending. Disisi lain, penokohannya juga dipaparkan dengan jelas sehingga masing-masing tokoh yang ada di dalamnya dapat dijiwai oleh pembaca. Di dalamnya tidak hanya mengutamakan satu tokoh sebagai main character, namun juga berpusat pada tokoh yang lain.

Alur yang jelas menjadikan pembaca lebih mudah memahami cerita yang disampaikan dari awal hingga akhir. Mereka tidak kesulitan disaat membaca setiap cerita dari tokoh yang diceritakan sejak awal hingga akhir. Hal inilah yang menjadikan novel ini banyak disukai oleh orang-orang di luar sana.

Novel Pertama Karya Andrea Hirata


Perlu anda ketahui, novel Laskar Pelang merupakan novel yang pertama kali ditulis  oleh Andrea Hirata. Karyanya tersebut berhasil diterima oleh masyarakat luas, hal itu dikarenakan kisah cerita yang ada di dalamnya benar-benar sangat menarik. Kisah para pelajar yang berjuang dalam menempuh pendidikannya menjadikan hal positif yang patut di contoh oleh para pelajar.

Karya yang diluncurkan oleh Andrea Hirata ini mampu menembus royalti yang sangat fantastis. Berkat karyanya menulis buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata dapat menembus royalti hingga Rp. 4 Miliar. Buku yang diciptakannya melonjak tinggi dan banyak disukai oleh kalangan masyarakat. Bahkan setelah karyanya itu, Andrea Hirata mampu menciptakan karya lainnya seperti novel berjudul Sang Pemimpi, Edensor, dan lain-lain.

Meski mendapatkan hasil yang sangat fantastis, Andra Hirata tidak menjadikan uang tersebut untuk foya-foya atau urusan pribadi. Bahkan pria tersebut menggunakan hasil royalti yang diterimanya untuk kegiatan sosial. Beberapa hal yang dilakukannya adalah membuka rumah singgah yang ada di Bandung, menanggung biaya pendaftaran untuk beasiswa 30 anak, dan kegiatan sosial lainnya.

Novel Yang Sangat Menginspirasi


novel laskar pelangi
sampul laskar pelangi yang sudah berganti cover beberapa kali

Novel ini dibuat sesuai dengan kisah nyata, perjuangan anak-anak sebagai pelajar yang sangat tinggi dalam mencapai cita-citanya benar-benar sangat menginspirasi siapa saja yang membacanya. Novel ini sangat cocok untuk anak-anak, khususnya para pelajar sekolah yang sedang menempuh pendidikan.

Orang tua juga dapat mendidik anaknya seperti halnya kedua guru di dalam cerita tersebut yang mampu mengubah murid tersebut menjadi lebih baik. Tidak ada yang tidak mungkin bilamana usaha belum dilakukan. Novel tersebut menjadikan semua orang lebih bersemangat untuk menggapai tujuan yang ingin dicapai.

Kesimpulan


Novel Laskar Pelangi benar-benar dibuat sangat baik dan mampu memberikan nilai moral yang positif terhadap pembaca. Mulai dari alur, penokohan, cerita, dan lain sebagainya semuanya terpapar dengan jelas. Pembaca pastinya akan lebih paham bilamana sudah membaca secara langsung isi dari novel Laskar Pelangi satu ini. 

Salam hangat!
Fasliah.id

Share with your friends