Perbedaan Apa Itu Teks Informatif, Persuasif dan Deskriptif - Fasliah.id

Wednesday, April 8, 2020

Perbedaan Apa Itu Teks Informatif, Persuasif dan Deskriptif

Perbedaan Teks Informatif, Persuasif dan Deskriptif – Ada banyak sekali bentuk teks yang bisa dipelajari oleh semua orang dalam membuat suatu teks. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri antara satu sama lain. Bilamana seseorang ingin membuat teks juga harus mengetahui bentuk teks yang ingin dibuatnya. Beberapa diantaranya adalah teks informatif, persuasif dan descriptif.



Apa Itu Teks Informatif?


Salah satu bentuk teks yang pertama adalah teks informatif yang merupakan suatu teks yang menyajikan sebuah berita secara faktual tanpa adanya komentar di dalamnya. Segala informasi yang diambil secara nyata dan fakta disebut sebagai teks informatif. Biasanya informasi yang disampaikan merupakan informasi terbaru berupa kejadian nyata di suatu tempat.

Salah satu contoh dari teks informatif ini seperti halnya sebuah berita mengenai kejadian bencana alam yang terjadi di suatu tempat tertentu. Berikut contoh dari teks informatif yang merupakan informasi faktual!

Selamat pagi pemirsa! Berjumpa lagi dengan saya Juno Laksmono yang akan membahas seputar berita terbaru yang terjadi beberapa hari belakangan ini. Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja yang terjadi satu hari yang lalu bisa terus menyaksikan tayangan ini hingga 30 menit mendatang

“Rabu, 7 April 2020 telah terjadi bencana alam tanah longsor di daerah pegunungan Rawakalong. Bencana alam terjadi sekitar pukul 02.00 disaat terjadi hujan lebat yang melanda wilayah Rawakalong. Akibat dari bencana alam tersebut membuat jalan di bawahnya tertimpa tanah dan tidak bisa diakses oleh pengendara. Tidak ada korban dari bencana tanah longsor yang terjadi”

Seperti itulah contoh dari teks informatif, hal-hal yang menunjukan teks tersebut berupa fakta adalah waktu kejadian, tempat dan bukti lainnya yang dijelaskan secara rinci. Bukti lainnya bisa disajikan melalui unggahan video apabila disiarkan melalui televisi atau media lainnya.

Apa Itu Teks Persuasif?


Teks persuasif dalam bahasa Inggris berasal dari kata persuasion atau sama halnya dengan teks persuade yang artinya meyakinkan. Secara istilah teks persuade adalah suatu teks yang di dalamnya berisikan kata-kata untuk meyakinkan pembacanya mengenai apa yang telah ditulis dalam suatu teks.

Dalam kamus KBBI teks persuasif memiliki makna yang berbeda. Teks sendiri memiliki arit sebagai naskah yang merupakan kata-kata asli dari pengarang itu sendiri. Disisi lain teks juga diartikan sebagai bahan tertulis untuk dasar memberikan pembelajaran kepada pembacanya. Sementara teks persuasif adalah suatu teks yang memiliki fungsi utama untuk mempengaruhi pendapat, perasaan dan perbuatan pembaca.

Tujuan dari teks persuasi adalah untuk meyakinkan para pembaca supaya mengikuti apa yang disampaikan melalui teks tersebut. Pembaca nantinya akan tergiur setelah meyakini dan mengikuti imbauan yang ada di dalamnya. Terdapat dua macam imbauan pada teks persuasi yaitu imbauan implisit dan imbauan eksplisit. Imbauan implisit berarti suatu teks yang disampaikan tidak secara terang-terangan, sementara imbauan eksplisit suatu teks yang disampaikan secara langsung kepada pembaca tanpa ada basa-basi di dalamnya.

Salah satunya adalah teks persuasi bertemakan pendidikan. Maka di dalamnya berisikan segala informasi mengenai pendidikan, baik itu untuk anak SD, SMP ataupun SMA. Pesan-pesan yang ada di dalamnya terdapat unsur pendidikan yang dapat menarik perhatian pembaca supaya yakin dengan informasi yang telah diberikan. Salah satu tujuannya adalah supaya siswa yang mendapatkan informasi lebih termotivasi untuk semangat belajar.

Contoh kalimat persuasif :

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan siswa lebih mudah dalam mencari sumber informasi belajar. Saat ini semua pembelajaran tidak hanya didapatkan di sekolah saja, melainkan juga bisa didapatkan menggunakan smartphone melalui media internet, YouTube atau media lainnya. Akan tetapi, anak-anak perkembangan teknologi yang semakin canggih ini justru banyak yang menyalahgunakannya. Banyak dari para siswa yang menggunakan smartphone hanya untuk bermain game. Hal ini akan sangat mempengaruhi perkembangan siswa dalam proses pembelajaran bilamana teknologi tersebut tidak bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk itu, sebagai orang tua harus melakukan tindakan secara tegas supaya anak-anak tidak menyalahgunakan teknologi untuk belajar. Anda bisa melakukannya dengan cara membatasi penggunaan smartphone anak anda setiap harinya. Selain itu, anda juga bisa memantau sistem pembelajaran yang dilakukan oleh anak anda setiap harinya. Dengan menerapkan sistem seperti ini akan membuat prestasi anak anda semakin membaik pastinya”

Itulah contoh dari teks persuasi dimana anda harus memberi keyakinan kepada pembacanya. Apa yang disampaikan melalui teks persuasif menjadikan seseorang dapat berubah setelah membaca isi dari teks persuasif.

Apa Itu Teks Deskriptif


Teks deskriptive merupakan salah satu teks yang di dalamnya bertujuan untuk menjelaskan orang, hewan, tumbuhan, atau suatu benda. Hal-hal yang dijelaskan melalui teks deskriptive seperti bentuk, ciri-ciri, dan sifat dari apa yang akan dijelaskan. Biasanya teks dekspriptive hanya menjelaskan satu materi saja, namun penjelasannya bisa sangat banyak mengenai apa yang akan dibahas.

Adapun bentuk dari struktur teks dekspriptive yaitu identifikasi dan juga deskripsi. Untuk identifikasi, biasanya menggambarkan awal dari penjelasan suatu objek, binatang atau yang lainnya. Biasanya identifikasi diletakan pada bagian awal paragraf dan juga akhir paragraf. Sementara deskripsi menjelaskan mengenai karakteristik secara spesifik dari objek yang digambarkan. Deskripsi menjelaskan secara detail mengenai objek yang dijelaskan dalam teks deskriptive. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut!

“Badak Bercula Satu merupakan salah satu hewan langka yang berasal dari daerah Sumatera. Hewan yang satu ini sudah hampir punah karena sudah jarang ditemukan. Badak Bercula Satu hanya ada di daerah tertentu saja. Siapapun yang ingin melihatnya bisa berkunjung ke Kebun Binatang yang ada di pusat Kota. Hewan yang satu ini memiliki ciri utama yaitu pada culanya yang berjumlah satu. Ukurannya besar dengan berat badan berkisar 100 kg untuk ukuran dewasa. Pada bagian kulit sedikit kasar bila disentuh, terdapat empat kaki pada hewan Badak Bercula Satu ini. Hewan tersebut tergolong langka karena hampir punah dan hanya ditemukan di beberapa tempat tertentu saja. Dilarang keras bagi siapa saja yang menjumpai hewan ini untuk membunuhnya.”

Itulah contoh dari teks deskriptive yang menjelaskan secara detail mengenai Badak Bercula Satu. Yang terpenting dari teks deskriptive ini menjelaskan satu objek saja, namun di dalamnya anda bisa menjelaskan secara detail mengenai objek yang akan dibahas.

Kesimpulan


Berbagai bentuk teks masing-masing memiliki definisi yang berbeda-beda. Teks informatif menjelaskan sebuah informasi atau berita secara aktual tanpa adanya komentar, teks persuasi memiliki arti untuk meyakinkan terhadap seseorang, dan teks deskriptive memiliki makna untuk menjelaskan mengenai suatu objek tertentu secara detail. Berbagai infomasi yang diterangkan bisa anda pelajari, anda bahkan bisa membuat contoh dari masing-masing bentuk teks yang ada di atas.

Demikian informasi mengenai perbedaan teks informatif, persuasi dan deskriptive yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, terima kasih. 

Salam hangat!
Fasliah.id

Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]