window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-144367713-3'); Pengertian Teks Persuade Secara Lengkap - Fasliah.id

Friday, April 10, 2020

Pengertian Teks Persuade Secara Lengkap

Teks persuade – Apakah kalian tahu apa itu teks persuade? Teks persuade sama halnya dengan teks persuasi atau persuasion yang memiliki arti meyakinkan atau membujuk. Dalam hal ini, persuade ada kaitannya dengan suatu perkara yang mempengaruhi orang lain melalui bahasa. Secara istilah, persuade merupakan suatu ajakan kepada seseorang dengan memberikan alasan tertentu sebaik mungkin supaya tertarik untuk mengikuti apa yang dimintanya.

Persuade berarti membujuk seseorang secara halus melalui kata-kata yang diutarakan. Akan tetapi, kata-kata yang diungkapkan bukanlah sebuah ucapan saja, melainkan ada bukti asli yang membuat anda mengajak seseorang. Teks persuade memiliki fungsi utama yaitu untuk mempengaruhi perasaan atau pendapat para pembaca. Teks apapun yang di dalamnya berisikan bujukan atau rayuan itulah yang disebut sebagai teks persuade.



Sementara menurut KBBI teks persuade merupakan teks yang mempunyai fungsi untuk mempengaruhi pendapat, perasaan dan perbuatan pembaca. Disisi lain, teks juga memiliki makna tersendiri di dalamnya. Dalam KBBI teks adalah naskah asli berupa kata-kata yang disampaikan oleh pengarang.

Tujuan Teks Persuade


Teks persuade memiliki tujuan utama yaitu untuk meyakinkan para pembaca menganai apa yang telah disampaikan. Di dalam teks persuade ini harus memberikan bukti spesifik yang membuat orang lain yakin. Informasi yang disampaikan tidak dilakukan secara sembarangan, anda harus memberikan bukti mengani apa yang disampaikan bersumber dari mana berasal. Dengan begitu, orang yang membacanya akan percaya dengan apa yang disampaikan melalui tulisan ataupun secara lisan.

Seperti yang anda ketahui, sekarang ada banyak sekali informasi hoax yang bermunculan di dunia maya. Hal seperti ini menjadikan orang-orang mudah terpengaruh dengan informasi yang telah diserap. Sebetulnya informasi tersebut termasuk sebagai salah satu teks persuade. Akan tetapi, di dalamnya berupa berita hoax atau tidak memberikan bukti spesifik mengenai informasi yang telah disampaikan.

Dalam tujuan teks persuade ini juga terdapat imbauan implisit dan imbauan eksplisit. Imbauan implisit yang merupakan suatu ajakan tersirat, terkandung, dan tidak dinyatakan secara jelas atau terang-terangan mengenai apa yang akan disampaikan. Hal seperti ini sering dituliskan dalam bentuk perumpamaan. Tidak semua orang tahu dan memahami apa isi dari imbauan implisit.

Sementara imbauan eksplisit merupakan suatu ajakan yang dilakukan secara tegas atau langsung tertuju kepada seseorang mengenai apa yang ingin disampaikan. Dalam hal ini tidak ada kata berbelit-belit yang membuat pembaca bingung dan harus memahami isi dari teks yang ada di dalamnya. Pembaca akan langsung tahu mengenai tujuan utama dari teks persuade tersebut.

Kesimpulan dari tujuan teks persuade ini adalah supaya pembaca menerima sudut pandang mengenai topik yang dibahas dalam tulisan secara tepat. Pembaca juga dapat mengadopsi cara pikir penulis mengenai apa isi dari tulisan yang disampaikannya. Dengan begitu, pembaca akan mudah memahami mengenai tujuan utama dari teks persuade.

Ciri-Ciri Teks Persuade


Setiap jenis teks pastinya memiliki ciri tersendiri antara satu sama lain. Karakteristiklah yang menjadikan suatu teks lebih mudah dibuat atau diterapkan. Adapun ciri-ciri dari teks persuade yang harus anda ketahui sebagai berikut!

1. Terdapat Fakta dan Data Secukupnya


Teks persuade harus memiliki data dan juga fakta secukupnya. Teks persuade tidak dibuat secara asal-asalan dengan cara mengambil informasi dari sumber yang tidak jelas. Informasi yang disampaikan harus berupa fakta sesuai dengan apa yang telah disampaikan. Dengan begitu, pembaca tidak akan kecewa bilamana informasi yang disampaikan aktual dari sumber terpercaya.

2. Menimbulkan Kepercayaan Kepada Pembaca


Salah satu ciri yang paling utama adalah dapat menimbulkan kepercayaan terhadap pembacanya. Orang-orang sekarang sudah lebih paham dan cerdas dalam menyaring informasi. Mereka tidak akan mudah percaya begitu saja karena bisa saja informasi yang disampaikan adalah berita hoax.

Munculnya berita hoax menjadi orang-orang lebih berhati-hati disaat mendapatkan suatu informasi. Untuk itu, anda harus membuat teks persuade sesuai dengan fakta supaya pembaca percaya mengenai informasi yang telah anda sampaikan. Selain itu, anda juga membuat tulisan yang lebih menarik. Suatu hal yang menarik akan menjadikan seseorang lebih percaya dan ingin sekali melihatnya. Hal ini bisa diterapkan pada penulisan teks persuade yang anda buat.

3. Tidak Ada Konfilk di Dalamnya


Di dalam teks persuade, tidak ada kata-kata yang memicu terjadinya konflik. Bilamana informasi yang ditulis bukan sesuai dengan fakta, hal seperti itu bisa saja berakibat konflik antara penulis dengan pembaca. Untuk itu, dalam pembuatan teks persuade sebaiknya dibuat dengan unsur-unsur yang sudah ditentukan. Sehingga tidak ada kesalahan yang menimbulkan konflik kepada pembacanya.

4. Tercapai


Ciri teks persuade yang terakhir adalah tercapai. Dalam hal ini, sebuah pesan teks yang ada di dalamnya dapat tertuju dengan baik kepada pembacanya. Bahkan si pembaca akan menerapkan mengenai saran yang diberikan oleh penulis.


Jenis Teks Persuade


Teks persuade terbagi menjadi empat macam yaitu persuade politik, persuade pendidikan, persuade iklan, dan persuade propaganda.

1. Persuade Politik


Persuade politik merupakan bentuk teks persuade yang biasa digunakan berhubungan dengan bidang politik. Isi teks persuade di bidang politik biasanya berhubungan dengan sistem ketatanegaraan yang meyakinkan pembacanya untuk mengetahui hal-hal mengenai sistem politik yang disampaikan. Yang paling penting adalah isinya yang memiliki tujuan penting untuk politik.

2. Persuade Pendidikan


Persuade pendidikan merupakan bentuk teks persuade yang isinya membahas tentang dunia pendidikan. Di dalamnya terdapat arahan yang meyakinkan pembaca untuk lebih maju dalam mengembangkan sistem pendidikan yang dilakukannya. Ada banyak sekali tujuan-tujuan yang bisa dicapai di bidang pendidikan, salah satunya adalah meningkatkan prestasi sekolah.

3. Persuade Iklan


Persuade iklan merupakan bentuk teks persuade yang berhubungan dengan dunia periklanan. Persuade yang satu ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan suatu produk kepada seseorang supaya laku di pasaran. Dengan menggunakan persuade iklan, pembaca akan lebih mudah mengetahui produk yang ditawarkannya. Siapapun yang membaca teks persuade iklan bisa saja tertarik dengan produk yang ditawarkan.

4. Persuade Propaganda


Persuade Propaganda merupakan salah satu bentuk teks persuade yang berupa informasi. Persuade yang satu ini memiliki tujuan utama untuk menyebarkan segala informasi. Dengan adanya persuade propaganda akan membuat seseorang lebih mudah untuk sadar diri setelah membacanya.

Keempat persuade tersebut seringkali anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mempelajari seperti apa jenis-jenis teks persuade secara detail, baik itu persuade pendidikan, politik, iklan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi mengenai teks persuade yang dapat kami sampaikan. Intisari dari teks persuade ini mampu memberi keyakinan kepada pembacanya supaya mengikuti apa yang telah disampaikan melalui teks. Anda bisa mempelajari semua hal-hal yang berhubungan dengan teks persuade seperti ciri-ciri, jenis, dan tujuan teks persuade.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda, terimakasih.

Salam hangat!
Fasliah.id

Share with your friends