Pengertian Teks Informatif Secara Lengkap - Fasliah.id

Saturday, April 11, 2020

Pengertian Teks Informatif Secara Lengkap

contoh teks informatif

Teks Informatif – Mendengar istilah informatif sepertinya sudah tidak asing lagi bagi orang-orang di luar sana. Informatif merupakan sebuah informasi yang disampaikan sesuai dengan berita fakta yang ditujukan untuk orang-orang supaya tahu mengenai isi dari informasi yang telah disampaikan. Bila disimpulkan, teks informatif adalah suatu teks yang menyajikan berita faktual tanpa adanya komentar di dalamnya.

Ada banyak nformasi yang bisa disampaikan seperti berita, kabar, penjelasan mengenai suatu objek, dan berbagai hal lainnya yang memberikan sumber informasi untuk dilihat orang-orang. Suatu kejadian apapun akan mudah diketahui oleh orang-orang dengan cepat melalui informasi yang disampaikan. Biasanya informasi yang diberitakan adalah sesuatu hal baru yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Teks informatif menyajikan banyak hal yang dapat diketahui oleh orang lain. Beberapa diantaranya seperti sebuah berita, pidato, pendapat, dan masih banyak yang lainnya. Semua itu menjadi salah satu kunci terpenting dalam teks informatif. Dengan adanya teks informatif akan membuat penyampaian informasi lebih tertata. Orang-orang yang mendengarkannya pun akan lebih memahami semua informasi yang disampaikan.

Ragam Teks Informatif


Teks informatif terbagi menjadi beberapa bentuk bagian, yakni teks berita, teks pidato, teks ceramah, teks prosedur, dan teks opini. Berikut penjelasan menganai beberapa bentuk bagian dari teks informatif!

1. Teks Berita


Teks berita adalah suatu teks yang berisikan informasi mengenai berita yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. Biasanya teks berita disampaikan secara langsung melalui siaran televisi maupun perangkat lainnya. Kejadian terbaru menjadi salah satu teks berita yang paling hangat untuk dibicarakan. Dalam penggunaan teks berita ini, pembaca harus menggunakan bahasa yang lugas dan juga tegas.

Dalam menyampaikan teks berita setiap orang memiliki ciri khas tersendiri dalam gaya bahasa yang digunakan. Semakin jelas informasi yang disampaikan maka akan semakin mudah orang-orang memahami isi dari informasi tersebut. Untuk itu, pemilihan seseorang dalam membacakan teks berita menjadi hal yang sangat penting supaya orang-orang tertarik untuk mendengarkannya.

Contoh penerapan dalam penyampaian teks berita dengan menggunakan media sebagai berikut!

a. Penyampaian teks berita radio

Selamat sore pemirsa dimanapun berada! Saya Agus dari studio 5 Indosiar akan menyampaikan berita terkini yang terjadi menarik dan terbaru selama hari ini. Selamat mendengarkan!

b. Penyampaian teks berita televisi

Selamat malam pemirsa di rumah! Berjumpa lagi dengan saya Reni Febianti yang akan memberikan informasi seputar dunia maya di tahun 2020. Informasi yang kami berikan tentu akan sangat menarik untuk anda lihat, selamat menyaksikan!


2. Teks Pidato


Teks pidato adalah suatu teks yang di dalamnya berisikan bacaan untuk disampaikan kepada orang banyak. Dalam hal ini anda harus berani berbicara dihadapan orang-orang untuk menyampaikan apa yang ingin diutarakan melalui teks yang sudah ditulis. Teks pidato biasanya berisikan sebuah arahan, petunjuk atau kebijakan tertentu yang ditujukan kepada orang yang mendengarkannya.

Contoh penerapan teks pidato ini bisa anda lihat ketika Presiden sedang mengutarakan pendapatnya atau memberikan keputusan untuk dipatuhi masyarakat. Presiden yang berbicara kepada orang banyak ini sama halnya dengan teks pidato. Akan tetapi, kebanyakan orang-orang menyampaikan pidato tidak melihat teks secara langsung. Namun si pembaca menulis naskahnya terlebih dahulu sebagai acuan dan juga media untuk memudahkan si pembaca saat menyampaikan pidato.

Dalam menyampaikan pidato bisa disampaikan dengan gaya bahasa yang beragam. Semakin jelas dan baik teks pidato yang dibacakan akan menjadikan pendengar lebih mudah memahami apa isi dari teks pidato yang disampaikan. Dengan begitu, pembacaan teks pidato juga menjadi salah satu faktor penting dalam bagian teks informatif.

3. Teks Ceramah


Teks ceramah adalah salah satu teks informatif yang di dalamnya berisikan suatu arahan atau masukan kepada para pendengarnya. Kata “ceramah” sendiri memiliki makna tersendiri di dalamnya, yakni banyak bicara, nyinyir atau cerewet. Memang orang yang menyampaikan teks ceramah ini banyak berbicara namun semua isi yang disampikannya adalah hal positif.

Isi dari teks ceramah yang disampaikan kepada pendengar benar-benar mengandung hal positif yang bisa mengubah manusia untuk menerapkan apa yang disampaikan pembaca. Teks ceramah ini disampaikan kepada orang banyak supaya menambah pengetahuan, pengalaman, dan juga informasi tertentu yang dapat diterapkan oleh si pendengar.

Salah satu contoh dari teks ceramah adalah penyampaian dakwah oleh Ustadz. Mereka menyampaikan informasi berbagai hal berupa ilmu agama dalam kehidupan dunia dan akhirat. Tujuan dari penyampaiannya adalah supaya manusia yang diberikan masukan dapat berubah seperti apa yang diharapkannya. Orang yang menyampaikan teks ceramah ini adalah orang-orang yang memiliki ilmu atau pengalaman yang tinggi.

4. Teks Prosedural


Teks prosedural adalah suatu teks yang di dalamnya membahas tentang langkah-langkah atau petunjuk untuk melakukan suatu hal. Diana seseorang yang membaca teks prosedur akan mengikuti petunjuk yang ada. Biasanya informasi mengenai teks prosedural yang disampiakan berupa fakta pengalaman yang sudah pernah dilakukann.

Teks prosedural memiliki ciri khas tersendiri yaitu pada isi teks yang disampaikan. Langkah-langkah yang diberikan isinya dapat diketahui dengan jelas. Pastinya ada sebuah angka di dalam teks prosedur yang menunjukan sebagai langkah awal hingga akhir dalam menjalankan prosedur yang diberikan oleh seseorang.

Ada banyak contoh teks prosedural yang bisa anda lihat baik di televisi maupun media lainnya. Seperti halnya anda membuka internet dan mencari tutorial memasak nasi gorang khas Purbalingga. Nantinya ada petunjuk mengenai apa yang anda inginkan dalam membuat nasi goreng tersebut. Teks seperti inilah yang disebut sebagai teks prosedural.

Selain berupa teks, orang-orang juga sering menyampaikannya secara langsung melalui unggahan video. Mereka langsung mempraktekan sebuah cara untuk melakukan suatu hal supaya bisa diikuti oleh orang lain. Melalui unggahan video menjadikan cara ini lebih efektif dan juga mudah dipahami oleh orang lain yang membutuhkannya.

5. Teks Opini


Teks opini adalah salah satu teks yang di dalamnya berupa pandangan atau mendapat mengenai suatu hal. Dalam hal ini, informasi yang disampaikan belum tentu fakta atau sesuai dengan apa yang diungkapkan. Biasanya pendapat yang disampaikan mengenai peristiwa atau hal-hal yang sedang hangat di kalangan publik. Melihat itu, ada teks opini yang dimunculkan supaya orang-orang lebih paham mengenai berita yang sedang terjadi.

Selain itu, opini juga memuat berbagai kritik didalamnya. Biasanya kritik yang disampaikan ditujukan kepada suatu lembaga tertentu disaat menangani suatu masalah. Dengan opini yang disampaikan nantinya akan dapat mengubah suasana atau kendal dalam pembicaraan. Opini sangat penting untuk diutarakan apabila ada informasi yang kurang pas.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai teks informatif. Banyak hal yang bisa anda ketahui mengenai isi dari teks informatif tersebut. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]