Tutorial Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari - Fasliah.id

Friday, April 3, 2020

Tutorial Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari


Tutorial Sehat - Berbicara mengenai gaya hidup yang sehat, sebenarnya sudah banyak sekali artikel yang membahas hal sepert ini. Hanya saja, tidak semua informasi yang dibagikan di internet benar-benar memberikan penjelasan yang lengkap sehingga banyak orang atau pembaca kurang memahami dengan baik isi dari artikel yang disajikan.

Nah, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi informasi menarik kepada anda semua yang selama ini masih kurang disiplin dan konsisten dalam menjaga kesehatan tubuh, mulai dari sekarang ayo terapkan pola hidup sehat dengan beberapa tutorial yang akan kami berikan dibawah ini.

Kita tahu, menjaga pola hidup sehat itu penting untuk masa mendatang, terlebih lagi semua orang pastinya akan menua, semakin tua umur kita maka kesehatan dan sistem imun juga akan mengalami penurunan. Maka dari itu, jangan sampai pola hidup yang tidak sehat merugikan kehidupan kita di masa tua nanti. Berikut ini adalah informasi yang kami rangkum dari beberapa web kesehatan terpercaya di Indonesia. Silahkan anda simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Tutorial Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari


1. Rutin Menjalani olahraga setiap saat


Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari adalah tetap rutin menjalani olahraga. Bagi anda yang saat ini sedang sibuk bekerja setiap harinya, sempatkan beberapa menit untuk olahraga.

Olahraga sangat penting dilakukan agar otot dan persedian tidak kaku, selain itu juga, olahraga cukup membantu anda untuk membakar kalori dan lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Itulah kenapa, banyak orang yang menderita penyakit stroke karena tidak memperhatikan kesehatan tubuh mereka.

Salah satu pencegahan terbaik adalah dengan berolahraga, contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan kapanpun, misalnya : Jogging atau Lari pagi, Marathon di pagi hari, Push Up, Lari kecil-kecil, Senam di depan rumah dan masih banyak lagi yang lainnya. Sesibuk apapun aktivitas anda, sempatkan untuk berolahraga beberapa menit saja.

2. Konsumsi air putih, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air


Menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting, cara terbaik dan murah yang bisa anda lakukan adalah mengkonsumsi air putih. Air putih merupakan sumber mineral terbaik dibandingkan minuman kemasan yang selama ini anda konsumsi. Selain itu juga, air putih menyehatkan ginjal anda.

Bagi anda yang banyak menghabiskan banyak waktu untuk duduk di depan laptop atau komputer, ada baiknya konsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak, tujuannya untuk menjaga kesehatan ginjal dan metabolisme tubuh tetap terjaga. Hindari mengkonsumsi minuman yang tidak menyehatkan seperti minuman bersoda dan minuman manis lainnya. Cukup konsumsi air putih setiap hari, rasakan manfaatnya di kemudian hari.

 jangan sampai pola hidup yang tidak sehat merugikan kehidupan kita di masa tua nanti

3. Perhatikan pola makan anda dengan benar, pastikan konsumsi makanan yang sehat


Berikutnya untuk menjaga pola hidup sehat yang benar adalah menjaga pola makan atau asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda. Hindari jenis makanan yang sama sekali tidak memiliki nutrisi lengkap, contohnya sepertu junk food dan makanan ringan yang tidak memiliki kandungan serat.

Jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap seperti vitamin, karbohidrat dan beberapa serat penting yang diperlukan oleh tubuh.  Maka dari itu, biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang higenis. Tips memilih makanan yang higenis berupa sayuran dan buah.

- Warnanya masih benar-benar cerah layaknya sayuran dan buah-buahan
- Tesktur yang masih segar dan tidak lemas ( Daun )
- Belikah sayuran atau buah di pagi hari, biasanya petani panen dan menjual sayuran di pagi hari

 4. Tidur yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan kita


Tips lain untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari adalah dengan istirahat atau tidur dengan cukup. Tidur yang cukup bukan berarti setiap hari anda harus tidur dengan lama waktu tertentu, idealnya untuk orang dewasa membutuhkan lama tidur setiap harinya sebanyak 7-8 jam, tergantung juga dengan aktivitas harian yang mereka lakukan, paling maksimal adalah 9 jam.

Sedangkan untuk anak-anak sampai remaja, membutuhkan waktu tidur sekitar 8–9 jam setiap harinya. Tidur dengan waktu yang cukup ini mampu memberikan peningkatkan pada kinerja anda setelah bangun nanti, metabolisme tubuh bisa berjalan dengan sempurna. Otak yang dipaksa untuk terus bekerja, bisa membuat anda lelah dan pada akhirnya bisa saja jatuh sakit. Penting bagi semua orang yang sibuk dengan dunia kerja, tidurlah dengan cukup untuk mendapatkan energi yang baru.

5. Membiasakan diri untuk hidup bersih


Tips lain yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah membiasakan diri untuk hidup bersih di rumah dengan cara apapun. Hidup bersih itu sangat luas cangkupannya, tidak semua orang bisa menerapkannya dengan udah.

Sebagai contoh saja disini untuk hidup bersih adalah mencuci tangan sebelum makan dengan sabun, cuci kaki dan cuci muka dengan bersih, sebelum tidur menggosok gigi terlebih dahulu, mandi 2 kali dalam sehari dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebiasaan seperti ini jika anda terapkan terus menerus bisa berdampak positif pada kesehatan anda, yang pasti keluarga juga akan menerapkannya dengan mudah jika kebiasaan ini seringkali dilakukan. Lakukan hal-hal kecil untuk menjaga kebersihan dalam kehidupan anda.

6. Hindari konsumsi kafein tiap harinya


Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki kafein tinggi,  hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai minuman berwarna hitam ini karena memiliki rasa yang nikmat dan cocok kalau disedu di pagi harinya. Tidak heran, hampir setiap hari anda selalu meminum kopi untuk mendapatkan inspirasi dan ide dalam bekerja.

Jujur saja, kami juga seringkali minum kopi untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis artikel. Sayangnya, kandungan kafein pada kopi ini cukup tinggi, bagi anda yang benar-benar sudah terbiasa dengan kafein pada kopi mungkin tidak benar-benar bisa terpengaruh, sedangkan untuk mereka yang baru mencoba minuman ini tentu bisa saja kaget karena beberapa hal.

Dampaknya pada kesehatan kalau kelebihan kafein adalah, jantung berdetak lebih kencang dari biasanya dan badan gemetar. Inilah yang akan dirasakan orang-orang yang mengkonsumsi kopi yang berlebihan. Maka dari itu, hindari konsumsi kopi menjelang tidur di malam hari.

7. Jaga Berat badan tetap ideal


Terakhir yang bisa kami sampaikan kepada anda tentang tutorial menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga berat tubuh tetap ideal. Kelebihan berat badan bukan pertanda kalau hidup anda makmur, melainkan petanda kalau anda menyimpan banyak penyakit layaknya bom waktu, yang mana setiap saat bisa meledak.

Gemuk bukan berarti sehat, besar kemungkinan anda obesitas dan memiliki kolestrol yang tinggi. Ini berbahaya sekali untuk kesehatan jantung anda sendiri. Maka dari itu, sesuaikan berat badan dengan tinggi badan anda sehingga mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Lakukan olahraga dan konsumsi makanan yang sehat agar kondisi badan anda tetap ideal.

Sampai disini dulu tutorial hidup sehat dari kami, semoga dengan adanya artikel ini cukup memberikan informasi dan pengetahuan untuk anda semuanya. Terimakasih. 

Salam hangat!
Fasliah.id

Share with your friends