Contoh Pantun Perkenalan dan Cara Membuatnya - Fasliah.id

Wednesday, April 8, 2020

Contoh Pantun Perkenalan dan Cara Membuatnya

Pantun Perkenalan - Apakah kamu tahu apa itu pantun? Sepertinya istilah pantun sudah tidak asing lagi didengar oleh kalangan umum. Pantun sudah ada sejak jaman dahulu dan masih terus diterapkan hingga saat ini. Bahkan ada banyak sekali jenis-jenis pantun yang bisa dipelajari seperti pantun perkenalan, pantun nasihat, pantun jenaka, dan masih banyak jenis pantun yang lainnya. Salah satu pantun yang cukup populer digunakan adalah pantun perkenalan.

contoh pantun perkenalan dan cara membuatnya


Pantun perkenalan merupakan salah satu jenis pantun yang isinya berupa ajakan kepada seseorang yang belum dikenali sama sekali. Berkenalan seperti biasa tentu kurang menarik bila diterapkan secara langsung. Akan lebih berkesan bilamana perkenalan menggunakan sebuah pantun. Pantun perkenalan bisa diterapkan dimana saja seperti saat pertama kali masuk sekolah, berjumpa teman baru di suatu tempat, dan masih banyak yang lainnya. 


Contoh Pantun Perkenalan


Bagi anda yang belum tahu betul mengenai pantun perkenalan. Berikut ini adalah beberapa contoh pantun perkenalan yang dapat anda ketahui!


1. Pantun Perkenalan Di Sekolah


Saat pertama kali masuk sekolah, pastinya anda akan berjumpa dengan teman baru. Biasanya para siswa ditugaskan untuk memperkenalkan diri satu persatu supaya teman lainnya tahu identitas dari diri anda. Berikut contoh pantun perkenalan di Sekolah!

Seorang guru membawa rotan
Guru itu bernama iman
Salam kenal teman-teman
Assalamu’alaikum saya ucapkan

Berandai-andai terbang ke awan
Meski itu hanya menghayal
Senang hati bisa berkawan
Dari Purbalingga saya berasal

Jalan-jalan ke surabaya
Jangan lupa bawa pepaya
Rahmat Hidayat itu nama saya
Main bola hobi ku punya

Pergi ke warung membeli bakwan
Jalannya memakai sandal
Senang sekali bisa berkawan
Tak kenal jadi mengenal

2. Pantun Perkenalan Guru dan Murid


Selain murid yang bisa berkenalan di Sekolah, Guru juga penting untuk memperkenalkan dirinya. Berkenalan menggunakan pantun tentu menjadi hal yang sangat menarik. Berikut contoh pantun perkenalan guru dan murid!

Pergi ke Pasar membeli kentang
Jangan lupa membeli bubur
Kami ucapkan selamat datang
Niatkan hati untuk belajar

Pergi ke pasar membeli kurma
Jangan lupa taruh di nampan
Perkenalkan saya Bu Salma
Yang akan mengajar kalian

Buah rambutan buah pepaya
Buah itu untuk dimakan
Jangan takut dengan saya
Anggap saja ibu kalian

3. Pantun Perkenalan Kelompok


Perkenalan juga biasanya dilakukan secara beregu namun hanya diutarakan oleh satu orang saja. Itulah yang dinamakan sebagai pantun kelompok, dimana anda harus memperkenlakan kelompok anda dengan kelompok lainnya. Berikut adalah contoh pantun perkenalan kelompok.

Ada tumbuhan ada hewan
Makhlup hidup saling bersatu
Assalamu’alaikum kami ucapkan
Kami berlima dari kelompok satu

Pergi ke warung membeli roti
Di jalan berjumpa Sadil
Kini tiba giliran kami
Dari kelompok satu yang akan tampil

Jalan-jalan ke Wonogiri
Di jalan melihat sapi
Kelompok satu itulah kami
Ijinkan kami memberikan presentasi

4. Pantun Perkenalan Dengan Teman


Disaat anda bepergian ke suatu tempat, pastinya anda akan menjumpai banyak orang. Terkadang anda harus mencari teman baru sebagai teman ngobrol di tempat tersebut. Untuk itu, anda harus berkenalan terlebih dahulu, salah satunya adalah dengan menggunakan pantun. Berikut adalah contoh perkenalan dengan teman menggunakan pantun!

Ke Surabaya membeli mentega
Jangan lupa ditaruh meja
Assalamu’alaikum salam pembuka
Perkenalkan Rudi nama saya

Siang-siang pergi ke Kota
Disana membeli kemeja
Walaikummussalam jawab saya
Saya Paimin dari Jogja

Membeli roti sama mentega
Rotinya dimakan Iman
Salam kenal dari saya
Bolehkah kita berteman

Beli roti di rumah Wawan
Rotinya rasa durian
Senang hati bisa berkawan
Salam kenal juga kawan

5. Pantun Perkenalan Untuk Laki-Laki


Pantun perkenalan juga sering digunakan oleh anak laki-laki ketika berjumpa dengan seroang gadis. Biasanya mereka berkenalan karena suka, bila menggunakan pantun tentu akan lebih terlihat menarik. Berikut adalah contoh pantun perkenalan untuk laki-laki.

Buah rambutan buah mangga
Jangan lupa untuk dimakan
Salam kenal dari saya
Bolehkah aku berkenalan

Bawa roti ke rumah Ayu
Di rumah Ayu ada Iman
Ingin berkenalan tapi malu
Lewat pantun aku wakilkan

Daun pisang dimakan sapi
Sapinya tiba-tiba mati
Pasti bahagia di dalam hati
Jika kau terima pertemanan ini

Beli bakso di rumah Lukman
Disitu ada mas Ivan
Dari mana datangnya persahabatan
Dari pantun menuju perkenalan


Cara Membuat Pantun Perkenalan


Pantun perkenalan bisa dibilang susah-susah gampang dalam proses pembuatannya. Tergantung dari diri anda sendiri bagaimana untuk membuatnya apakah bisa atau tidak. Dalam membuat pantun perkenalan, ada banyak hal yang harus anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips membuat pantun perkenalan yang harus anda ketahui!

1. Tenangkan Pikiran

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menenangkan pikiran terlebih dahulu. Dalam mebuat pantun tidak semudah yang dibayangkan, apabila tidak ada inspirasi di dalamnya. Pastinya akan menghasilkan kata-kata yang kurang baik untuk didengar ataupun dibaca.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat pantun dalam kondisi tenang yaitu sudah mengisi perut dengan makanan. Hal ini akan mempengaruhi konsentrasi anda dalam berpikir untuk membuat pantun. Disisi lain, anda bisa membuatnya di tempat yang tenang.

2. Siapkan Alat Tulis

Tips yang kedua harus lakukan adalah dengan menyiapkan alat tulis. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai persiapan yang paling penting. Anda harus menulisnya di sebuah kertas supaya lebih mudah untuk mengingatnya. Apabila tidak ditulis terlebih dahulu, anda akan sulit untuk menerapkannya secara langsung dengan mengutarakannya.

Selain itu, anda juga bisa menghasilkan buku pantun melalui tulisan yang telah dibuat. Berbagai jenis pantun bisa anda ciptakan dalam satu buku seperti pantun perkenalan, pantun jenaka, pantun nasihat, dan jenis pantun lainnya. Dengan begitu, anda bisa menghasilkan banyak pantun yang dibuat..

3. Tentukan untuk Siapa Pantun Perkenalan Ditujukan

Dalam membuat pantun perkenalan terdapat tujuan untuk siapa pantun perkenalan ditujukan. Anda bisa memikirkannya terlebih dahulu supaya tidak salah dalam penulisan pantun. Beberapa pantun perkenalan sering ditujukan untuk teman baru, perkenalan antara guru dan juga murid, perkenalan antara siswa baru di sekolah, dan masih banyak yang lainnya.

4. Membuat Isinya Terlebih Dahulu

Tips mudah yang bisa anda lakukan dalam membuat pantun perkenalan yang selanjutnya adalah membuat isinya terlebih dahulu. Membuat pantun biasanya dimulai dengan membuat pembukanya terlebih dahulu. Jika anda membuatnya dari isinya terlebih dahulu akan lebih mudah pastinya.

5. Pemilihan Kata Yang Tepat

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pemilihan kata yang tepat. Membuat pantun perkenalan tentu harus ada kaitannya antara kalimat satu dengan yang lainnya. Bagian isi harus dibuat berhubungan antara satu sama lain. Bila tidak, pantun perkenalan akan kurang menarik untuk dibaca maupun diutarakan oleh seseorang.

Salam hangat!
Fasliah.id

Share with your friends