window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-144367713-3'); Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet - Fasliah.id

Tuesday, April 21, 2020

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet

Kuota internet menjadi salah satu kebutuhan yang begitu penting untuk saat ini, hampir setiap orang yang memiliki ponsel android maupun yang tidak, tetap membutuhkan kuota internet untuk menjalankan banyak aktivitas sehari-hari.

Sebagai contoh saja, ketika anda ingin order makanan via ojek online, tentunya membutuhkan kuota internet agar pesanan anda bisa terproses dengan lancar. Sebaliknya, driver atau tukang ojek online juga harus memiliki kuota internet agar bisa menerima pesanan dari pelanggan. Hal-hal lain yang sepela di rumah, juga membutuhkan internet seperti belajar online, menonton film, bermain games, membaca berita, melakukan transaksi keuangan dan masih banyak lagi yang lainnya.

cara menghemat kuota internet
sumber : unsplash.com/


Secara umum, kuota internet memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan di era modern seperti ini. Bahkan, untuk anda yang memiliki hp sebagus apapun, jika tidak ada kuota internet maka sama saja halnya dengan handphone murah dengan harga 300 ribuan. Benar bukan ?

Pada artikel kali ini kami akan berbagi tutorial menarik yang sebenarnya sudah banyak dibahas oleh beberapa blog di luar sana, hanya saja kami ingin memberikan informasi yang lebih lengkap dan jelas agar anda memahami dengan baik seperti apa tips menghemat kuota internet sehari-hari agar bisa bertahan hingga beberapa minggu kedepan.

Bagi anda yang selama ini cukup boros memakai kuota internet, ada baiknya menyimak informasi dari kami, supaya lebih hemat untuk pemakaian kuota internet harian. Karena harga kuota internet ini sekarang cukup mahal, untuk pembelian 14 GB kuota Tsel saja harus mengeluarkan uang setidaknya Rp. 107.000. Mahal atau murah ? Jika murah, tidak perlu anda membaca artikel ini, namun kalau mahal silahkan simak dengan baik-baik informasinya dibawah ini.

1. Hindari update otomatis pada sistem ponsel anda


Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menghemat kuota internet harian adalah menghindari update otomatis yang ada di sistem ponsel. Pada dasarnya, update otomatis pada sistem ponsel ini adalah pembaharuan yang diberikan oleh developer atau pengembang untuk produk mereka, fungsi dari update otomatis ini sangat banyak mulai dari memperbaharui fitur smartphone, memperbaharui sistem keamanan ponsel, menyelesaikan bug pada ponsel dan lain sebagainya yang lebih ke arah positif. 

Hanya saja, ukuran dari update ponsel ini cukup besar bisa mencapai 1 GB – 4 GB sekali update. Tentu saja dengan ukuran update yang besar membutuhkan jumlah kuota yang besar pula, untuk karena itu anda harus paham seperti apa cara mematikan update ini.

  • Langkah pertama silahkan anda masuk ke tentang ponsel
  • Pilih pembaharuan smartphone, lalu anda bisa melihat pada bagian tiga titik menu
  • Selanjutnya, anda bisa mengaktifkan “ Update otomatis melalui wifi “
  • Settingan ini dimaksudkan, update hanya akan berjalan ketika ponsel terhubung dengan wifi
  • Selesai

 
2. Matikan update google playstore untuk menghemat kuota


Langkah kedua yang bisa anda lakukan untuk menghemat kuota internet adalah mematikan update otomatis yang biasanya dilakukan oleh playstore untuk memperbaharui aplikasi-aplikasi yang ada di handphone anda. Pembaharuan ini dimaksudkan oleh pengembang aplikasi untuk memberikan fitur baru atau perbaikan bug yang menganggu. Ada baiknya jika memang itu perlu, bisa anda update. 

Namun, kalau tidak sama sekali bisa langsung matikan saja lewat pengaturan di Google playstore. Cara mematikan update otomatis pada google playstore sangatlah mudah. Ikuti tutorialnya dibawah ini.

  • Masuk terlebih dahulu ke Google playstore
  • Kemudian anda bisa masuk dan pilih menu setelan
  • Akan muncul menu “  Update aplikasi secara otomatis “
  • Sekarang anda pilih “ Jangan update aplikasi secara otomatis ‘ atau bisa pilih “ jika terhubung ke wifi “
  • Jadi kuota internet anda aman tidak akan habis dengan cepat
  • Anda juga bisa melakukan update manual dengan cara yang sama, langsung masuk ke menu aplikasi saya. Secara otomatis, ada daftar beberapa aplikasi yang siap untuk anda update.

 3. Paksa berhenti aplikasi yang berjalan di latarbelakang


Cara lain yang banyak dipakai oleh para pengguna ponsel android untuk menghemat kuota internet adalah mematikan atau menghentikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan di latarbelakang. 

Tujuan dari cara ini yaitu, mematikan segala bentuk notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang otomatis berjalan seperti whatsapp, facebook, instagram dan lain sebagainya. Secara umum, kalau anda mematikan aplikasi dengan paksa, maka tidak akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi dari aplikasi tersebut. Sisi baiknya, kuota internet anda tetap aktif hingga beberapa minggu ke depan.

4. Aktifkan safe mode data di browser internet anda


Bagi anda yang ingin tetap hemat kuota internet harian bisa menggunakan cara ini, cukup masuk ke google chrome dan klik pada save mode data. Manfaat dari adanya fitur ini untuk membatasi kecepatan internet pada hasil pencarian di website, sehingga semua resolusi dari gambar dan lain sebagainya akan diturunkan agar tidak menyedot banyak kuota internet anda. 

Ini sangat bermanfaat bagi anda yang seringkali memakai browser untuk mencari informasi, membaca berita dan berselancar di internet. Selain itu, mengaktifkan mode data dengan kombinasi di poin ke 3, kami yakin kuota internet anda bakal tetap awet hingga beberapa minggu kedepan.

5. Hindari menonton video youtube atau film streaming


Tahukah anda kalau menonton video youtube dalam waktu yang cukup lama bisa menghabiskan kuota internet dalam waktu yang cepat ? Terbukti, ketika anda menonton 1 jam video youtube dengan resolusi full HD. Kuota yang berkurang bisa mencapai 1 GB – 1.5 Gb, ini juga tergantung dari jenis video yang anda tonton hingga resolusi yang digunakan. 

Bagaimana kalau di download ? Besar kemungkinan tetap akan sama, karena presentasi besaran kuota dalam 1 jam itu sama dengan ukuran video yang anda download. Ini hanya sebagai patokan saja berdasarkan uji coba dari pengalaman kami selama ini.

6. Matikan mode data atau aktifkan air plane


Berikutnya, cara lain yang bisa anda pakai untuk menghemat kuota internet adalah mematikan data dan mengaktifkan air plane mode. Cara ini bisa anda lakukan ketika istirahat atau ingin tidur, jangan biarkan data anda terbuang sia-sia. Tetapi kalau anda tidak mau ketinggalan notif dari sosial media, maka cukup matikan data saja tidak perlu sampai mengaktifkan air plane mode.

Itulah beberapa tutorial yang bisa kami berikan kepada anda mengenai tutorial menghemat kuota internet android yang paling ampuh 100% work, Semoga yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan berguna untuk anda yang masih kesulitan untuk menghemat kuota bulanan selama ini. Terimakasih dan selama untuk mencoba. 

Salam hangat!
Fasliah.id

Share with your friends