Cara Menabung yang Benar Supaya Cepat Terkumpul dan Berhasil - Fasliah.id

Friday, April 24, 2020

Cara Menabung yang Benar Supaya Cepat Terkumpul dan Berhasil


menabung yang benar

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sudah biasa didengar oleh banyak orang, tujuan menabung yang paling utama adalah menyimpan atau meyisihkan uang untuk keperluan di masa mendatang, Lantas, apakah menabung dengan cara konvensional seperti sekarang ini masih efektif untuk dilakukan ?

Tergantung dari cara anda melakukannya. Tidak semua orang bisa sukses menabung dengan konsep konvensional, ada yang memilih menabung di bank meskipun terpotong biaya tetapi dana tetap aman. Nah, dari semua cara menabung yang anda, kami memiliki tips untuk anda yang ingin menabung namun tetap aman dan menguntungkan.

Penasaran seperti apa ?  Yuk simak langsung informasinya dibawah ini.

1. Gunakan rekening tipe tabungan


Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menabung dengan menggunakan rekening tipe tabungan. Jenis rekening ini mudah sekali untuk anda miliki untuk sekarang ini. Pergilah ke bank dan ajukan ke customer service untuk membuka rekening tabungan yang khusus untuk menyimpan uang saja. Contoh rekening tabungan ini seperti tabunganku dan deposito.

Nah jenis tabungan dari atm seperti ini cukup efektif kalau anda benar-benar mau belajar menabung dengan baik dan disiplin. Jika sudah memiliki rekening tabungan, tidak perlu lagi pergi ke bank untuk deposit, cukup pakai sistem transfer saja ke rekening tabungan anda. Selesai.

2. Tabungan Konvensional : Taruh ditempat tersembunyi


Bilamana anda memilih untuk menabung secara konvensional, anda bisa memakai cara jitu ini. Jangan sekali-kali menaruh kota tabungan anda bisa dilihat oleh mata anda sendiri, karena itu bisa memicu untuk mengambil dan digunakan untuk keperluan lainnya.

Cukup sembunyikan saja di tempat yang tidak terlihat seperti di dalam lemari, dibawah tempat tidur, di dalam buffet dan tempat lain yang tidak bisa anda lihat. Dari situ anda bisa benar-benar disiplin dalam menabung dan uang akan cepat terkumpul.

Penting untuk anda ketahui, ada beberapa komponen yang perlu anda bagi ketika mendapatkan penghasilan. 50% untuk kebutuhan hidup, 30% untuk tabungan dan 20% untuk investasi.

Cara seperti ini sudah banyak diterapkan oleh orang-orang yang ingin sukses di zaman dulu. Tabunglah uang anda sedikit demi sedikit, karena menabung tidak ada ruginya untuk diri anda dimasa depan.

3. Jangan anggap remeh uang receh


Setiap kali kita keluar untuk berbelanja kebutuhan dan barang pasti akan mendapatkan kembalian berupa uang receh, uang receh yang anda dapatkan mungkin dianggap tidak ada harganya atau terkadang anda malas untuk menerimanya.

Padahal kalau uang receh yang anda dapatkan setiap harinya dan dikumpulkan, beberapa tahun kedepan nilainya bisa bertambah dan besar kemungkinan bisa dipakai untuk keperluan lainnya.

Contoh saja, banyak kejadian unik diluar sana membeli motor dengan uang receh yang ditabung sudah bertahun-tahun lamanya. Menabung layaknya investasi, kalau anda paham dan menghargai hal-hal kecil maka anda bisa menjadi orang sukses kedepannya.

Jadi, simpan kembalian uang receh anda, setiap kali sampa dirumah. Silahkan masukkan ke dalam celengan anda, lakukan hal ini setiap saat agar uang terkumpul.

4. Gunakan aplikasi tabungan


Cara menabung yang unik berikutnya adalah memakai aplikasi tabungan, apakah kita harus menabung diaplikasi tersebut ? Tidak seperti itu, anda bisa menanbung seperti biasanya baik secara konvensional maupun otomatis di bank anda. Hanya saja, disini anda mencatat tabungan anda setiap harinya dengan aplikasi dan menentukan target kedepannya.

Dari situ anda akan terus termotivasi untuk menabung setiap harinya, tidak banyak orang yang terpikirkan akan hal ini. Padahal, mencatat tabungan itu adalah hal yang penting untuk memotivasi diri dan belajar disiplin dalam keuangan. Tidak ada bedanya ketika anda menabung dibank, jelas anda tahu jumlah tabungan anda.

Kalau secara konvensional, anda jelas tidak tahu jumlahnya jika tidak dicatat, itulah yang sebenarnya membuat rasa penasaran anda untuk membongkarnya. Nah, agar hal itu tidak terjadi, mulailah catat tabungan anda setiap saat.

5. Manfaatkan diskon untuk memperoleh kembalian


Tips lain agar tabungan anda cepat tekumpul adalah memanfaatkan barang-barang kebutuhan dengan harga diskon. Contoh kalau sekarang ini harga besar sebesar 10.000 dan sudah anda siapkan, tetapi ada harga diskon menjadi 8000, nah sisanya yang 2000 bisa anda masukkan ke dalam tabungan kan?

Toh diawal juga tidak tahu kalau ada harga diskon, ini kesempatan baik untuk anda menambah nilai tabungan dari harga diskon setiap barang yang dibeli.

Sebenarnya inilah cara terbaik bagi anda dalam menghemat pengeluaran, carilah harga diskon dari setiap barang yang ada untuk mendapatkan ekstra tabungan yang maksimal.

6. Simpan pendapatkan bonus atau ekstra gaji


Tips lain agar anda lebih disiplin dalam menabung yaitu menyimpan pendapatkan ekstra atau bonus anda pada saat menerima gaji. Bisanya setiap pekerja atau karyawan akan mendapatkan bonus dari hasil kerja mereka selama 1 bulan lebih.

contoh kalau anda bekerja selama satu bulan dengan gaji 2 juta dan bonus ekstra 200 ribu, maka yang 200 ribu ini bisa dimasukkan ke tabungan. Lakukan hal ini terus menerus untuk mengumpulkan tabungan anda.

7. Tentukan tujuan menabung


Langkah berikutnya jika ingin disiplin dalam menanbung adalah menentukan tujuan utama anda menabung untuk apa.  Inilah yang seringkali dilakukan banyak orang ketika menabung, mereka menentukan tujuan awal terlebih dahulu .

Contoh, menabung untuk membeli motor atau mobil, menabung untuk memiliki rumah sendiri dan masih banyak hal lainnya yang bisa dijadikan tujuan anda. Jangan mudah menyerah dengan jumlah tabungan anda yang masih sedikit, semuanya memang dimulai dari hal yang paling kecil.

Menabung 2000 rupiah setiap hari itu sudah bagus untuk memulai melatih rasa displin anda, karena kami yakin di hari berikutnya ada penambahan nilai dari aset anda. Intinya, menabung itu tidak ada ruginya kalau anda lakukan dengan cara yang benar dan tepat.

8. Sendirikan uang darurat


Agar tabungan anda cepat terkumpul, sendirikan uang untuk keperluan darurat seperti kebutuhan yang mendadak, biaya pendidikan, kesehatan, asuransi dan masih banyak lagi yang lainnya.  

Penting untuk anda ketahui, ada beberapa komponen yang perlu anda bagi ketika mendapatkan penghasilan. 50% untuk kebutuhan hidup, 30% untuk tabungan dan 20% untuk investasi.

Sekian informasi dari kami mengenai tutorial menabung secara disiplin agar cepat terkumpul. Tutorial ini sudah banyak di internet dan mungkin beberapa dari anda sudah pernah menerapkannya.

Intinya sekali lagi, menabung tidak perlu dilakukan dengan hal yang sulit, cukup simpan uang anda dirumah kalau memang tidak mau menabung dibank. Jika ingin menabung dibank, pilihlah jenis rekening khusus untuk tabungan. Terimakasih. 

Salam hangat!
Fasliah.id

Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]